Startup Indonesia Terbaik dan Sukses dalam Skala Internasional – Radio Pemuda FM – Radio Online Anak Muda Indonesia
Berita

Startup Indonesia Terbaik dan Sukses dalam Skala Internasional5 min read

Wednesday, 19 May 2021 | 9:00 WIB 3 min read

author:

Startup Indonesia Terbaik dan Sukses dalam Skala Internasional5 min read

Reading Time: 3 minutes

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Di era kemajuan teknologi yang berkembang pesat ini startup bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan. Startup sendiri jika diartikan adalah perusahaan atau bisnis yang baru pertama kali dirintis dengan konsep yang matang. Perusahaan-perusahaan startup masih dalam tahap pengembangan supaya menjadi perusahaan yang jauh lebih besar. Akan tetapi tidak semua perusahaan baru bisa disebut dengan Startup, hanya yang bergerak di bidang teknologi, web, dan juga internet dapat dikatakan sebagai perusahaan rintisan (startup)

Saat ini sudah ada beberapa startup Indonesia yang sukses mengembangkan sayap bisnisnya hingga dunia internasional, selain itu Indonesia juga menjadi sorotan karena menjadi salah satu lumbung unicorn. Bahkan, satu dari sekian banyak perusahaan rintisan yang ada di Indonesia sudah berstatus Decacorn. Selain menjadi lumbung Unicorn, Indonesia juga masuk jajaran negara pemilik startup terbanyak di dunia.

Menurut laporan Startup Ranking 2020, sejauh ini, total startup yang tercatat di Indonesia mencapai 2.195. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang Australia, Prancis hingga Jerman. Berikut ini beberapa startup terbaik dan ternama di Indonesia yang sukses dalam skala internasional:

Gojek

Sumber Foto: Gojek.com

Perusahaan penyandang gelar decacorn yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini sukses memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari masyarakat kota besar. Startup Indonesia yang berdiri di 2010 ini telah mengembangkan fitur-fitur praktis yang berguna bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.

Layanan seperti Go-Car, pesan antar makanan Go-Food, pengiriman barang Go-Send, hingga pengangkutan barang Go-Box dapat dimanfaatkan secara mudah oleh pengguna via handphone mereka.

Karena kesuksesannya, pada Agustus tahun 2016, startup Indonesia ini memperoleh suntikan dana sebesar 550 juta dolar AS dari sebuah konsorsium internasional. GO-JEK juga berhasil mendapatkan gelar ASEAN Entrepreneur Award dari World Knowledge Forum di Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2016 silam.

Startup Indonesia ini tidak hanya berjaya di negeri sendiri, tetapi juga sudah melanglang buana dengan membuka layanan mereka di 3 negara ASEAN, yakni Thailand, Singapura, dan Vietnam

Tokopedia

Sumber Foto: Tokopedia.com

Startup Indonesia berikutnya merupakan salah satu situs belanja online Tokopedia yang sudah sukses sejak resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009 lalu.

Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini menjadi perusahaan startup Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. Pada Agustus 2017, Tokopedia juga menerima investasi dari perusahaan asal Tiongkok, Alibaba, sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Berkat kiprahnya, Tokopedia terpilih sebagai Marketeers of the Year pada Markplus Conference 2015 yang digelar Markplus Inc. serta Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award pada Mei 2016

Traveloka

Sumber Foto: kr-asia.com

Salah satu startup Indonesia yang sukses ini sudah memiliki gelar unicorn. Didirikan oleh Ferry Unardi (CEO), Derianto Kusuma (CTO), dan Albert Zhang (Head of Design) tahun 2012 silam, startup Indonesia ini mengawali layanan mereka dengan mencari perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai situs.

Hingga pertengahan 2013, di mana startup Indonesia ini menciptakan layanan pesan tiket pesawat mandiri untuk para pengguna setia mereka.Setahun kemudian, di pertengahan 2014, Traveloka memasuki bisnis pemesanan kamar hotel dan membuat aplikasi gratis yang dapat di-download Play Store device berbasis Android dan iOS.

Karena kesuksesannya, startup ini berhasil memperoleh pendanaan dari perusahaan asing ternama seperti East Venture, Expedia, dan beberapa investor lain senilai US$500 juta atau Rp6,75 triliun.

Layanan Traveloka kini tidak hanya dapat dinikmati di Indonesia, lho. Tapi juga negara-negara asia tenggara lain seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

OVO

Sumber Foto: Detik.net

Setelah mendapatkan gelar unicorn pada tahun 2019 silam, wajar saja bila OVO dinobatkan sebagai salah satu startup Indonesia yang sukses.

Perusahaan yang didirikan oleh Lippo Group ini sukses menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Karena kinerjanya yang luar biasa, awal tahun 2020 OVO memiliki valuasi sebesar 2,9 miliar dolar AS.

HijUp

Sumber Foto: Hijup.com

Berdiri pada Agustus 2011 lalu, HijUp merupakan e-commerce B2C fashion yang secara spesifik menjual pakaianwanita muslim Indonesia.

Tercatat hingga akhir 2021 ini, HijUp berhasil menjual lebih dari 120 merk dari 30 desainer lokal yang bergabung di website-nya. Selain fashion muslimah, startup yang didirikan oleh Diajeng Lestari ini juga menjual pakaian anak-anak dan produk-produk home & living.

Pembeli produk yang dijual HijUp tidak hanya dari dalam negeri, tetapi merambah ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia, serta negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp