Sosial Budaya

Menyambut ART|JOG 8, Infinity in Flux2 min read

Friday, 29 May 2015 | 10:44 WIB 2 min read

author:

Menyambut ART|JOG 8, Infinity in Flux2 min read

Reading Time: 2 minutes

Di angka ke-“8” ART|JOG hadirkan ruang seni yang inovatif dan interaktif, tak ada garis antara pengunjung dan seniman.

Bagi para penikmat seni, bersiaplah untuk menyambut ART|JOG yang akan kembali diselenggarakan pada 6 sampai 28 Juni 2015 mendatang di Taman Budaya Yogyakarta. Bursa seni kontemporer bertaraf internasional ini akan hadir untuk ke-8 kalinya sejak diresmikan pada tahun 2008 lalu.

Mengusung Infinity in Flux, tema tersebut menggambarkan angka “8” yang mendefinisikan kali ke-8 ajang seni rupa ini digelar. Delapan merupakan sebuah bilangan bulat dengan garis tak terputus, melambangkan sebuah keabadian dari aliran seni yang lahir di tahun 1960. Satriagama Rakantaseta selaku director dari ART|JOG 8 mengungkapkan bahwa pameran seni rupa bertajuk Fluxus ini akan menampilkan wajah baru yang signifikan.

Selama tiga minggu para pengunjung akan merasakan dimensi seni rupa yang sesungguhnya ketika berinteraksi dengan hasil karya para seniman. “100 karya yang dipamerkan akan mengolah semua indra kita. Pengunjung bisa berinteraksi dengan hasil karya dan juga senimannya. Mereka bisa menyentuhnya, mencium aromanya, dan menikmati kejutan-kejutan lainnya.” ujar Satriagama Rakantaseta yang akrab disapa Seta.

Tak tanggung-tanggung 90 seniman nasional dan mancanegara dengan berbagai latar belakang siap menyajikan karya yang inovatif. Sesuai makna Fluxus, aliran seni yang dihadirkan tidaklah terbatas. “Dari 90 orang banyak yang tidak memiliki latar belakang seni rupa, ini menjawab sebuah garis yang membatasi ruang seni. Fashion designer pun akan menampilkan sebuah seni di ART|JOG 8.” Jelas Seta.

Merayakan tema yang unik ini ART|JOG akan menghadirkan special presentation dari Yoko Ono, seorang seniman multi media, penyanyi, dan aktivis perdamaian berdarah Jepang yang mempelopori aliran Fluxus. Tak ketinggalan untuk commission works, Indieguerillas sang duo suami-istri dari Semarang ini dipercayakan untuk menyambut para pengunjung di halaman utama Taman Budaya Yogyakarta dengan karya seni instalatif yang konsepnya masih dirahasiakan sampai saat ini.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia akan meresmikan ajang seni kreatif ini pada 6 Juni 2015 di Taman Budaya Yogyakarta. Para pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp 20.000 untuk menikmati seluruh rangkaian acara. Untuk mendapatkan info terkini ART|JOG 8, anda dapat mengunduh aplikasi ArtJog 8 di application store. (Sekar Rarasati)

Sumber: nationalgeographic.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.