Sosial Budaya

Inilah Makna Mendalam Dari Tradisi Cium Hidung di Masyarakat NTT1 min read

Friday, 15 Sep 2017 | 12:55 WIB 2 min read

author:

Inilah Makna Mendalam Dari Tradisi Cium Hidung di Masyarakat NTT1 min read

Reading Time: 2 minutes
PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Masyarakat pada umumnya akan berjabat tangan atau mencium pipi kiri pipi kanan dalam menyambut tamu atau ketika bertemu dengan seseorang. Tapi di Indonesia tepatnya masyarakat suku Sabu di Pulau sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT punya tradisi unik dalam menyambut tamu atau bertemu dengan seseorang. Tradisi tersebut memiliki nama yaitu Tradisi Henge’do.

Di dalam tradisi Henge’do ini Suku Sabu akan mencium hidung satu sama lain ketika bertemu, kapanpun, dimanapun, dengan siapapun baik dengan keluarga maupun dengan orang yang baru ditemui termasuk lawan jenis.

Mencium hidung ini bukan sekedar aneh tapi juga memiliki makna yang sangat mendalam yaitu keakraban dan rasa ketertarikan antara satu dengan yang lain sebagai makna dan persaudaraan. Selain itu cium hidung juga merupkan sebuah tanda penghormatan dari yang muda kepada yang lebih tua dan tanda kejujuran yang bisa dilihat dari bagaimana pandangan mata yang terbuka seakan akan menggambarkan kejujuran antara satu dengan yang lain. Ada juga yang mengartikan bahwa cium hidung memiliki arti sebagai tanda meminta maaf.

Hidung yang merupakan alat vital dalam kehidupan sebagai alat pernapasan diartikan sebagai simbol kehidupan, maka dengan filosofi tersebut masyarakat Sabu memaknainya sebagai unsur yang bisa menghidupkan rasa kekeluargaan antara satu dengan yang lain, sekalipun baru pertama kali bertemu.

Meski tradisi ini terbilang aneh, tapi begitulah cara masyarakat Sabu menyambut tamu mereka. Bahkan hingga saat ini tradsi cium hidung terus dilestarikan oleh masyarakat dari Suku Sabu dan sukusuku lainnya yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Cium hidung juga jadi salam yang khas dari masyarakat NTT ketika bertemu dengan sesama orang NTT. (Fariz)

Foto: Harnas.co

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.