Sosial Budaya

Inilah 5 Cara Mempercantik Diri ala Suku-suku di Indonesia2 min read

Monday, 5 Jun 2017 | 13:32 WIB 3 min read

author:

Inilah 5 Cara Mempercantik Diri ala Suku-suku di Indonesia2 min read

Reading Time: 3 minutesradio online indonesia
PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di Dunia yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dan dari banyaknya pulau inilah lahirlah ragam suku bangsa yang menjadikan Indonesia negara dengan suku atau etnis terbesar juga di dunia.

Beragam Suku di Indonesia dengan kearifan lokalnya mempunyai konsep kecantikan yang berbeda-beda, melekat dengan tradisi nenek moyang yang turun temurun lalu diajarkan ke generasi generasi berikutnya. Berikut ini variasi kecantikan perempuan Indonesia dari suku yang berbeda beda:

Suku Dayak, Kalimantan
Perempuan perempuan suku Dayak di Kalimantan menindik telinga dengan anting logam atau emas sebagai simbol kecantikan. Uniknya anting anting ini terus bertambah setiap tahunnya sesuai dengan umur perempuan tersebut, akibatnya lubang telinga pun semakin besar dan melebar hingga membuat telinga memanjang, bahkan bisa mencapai garis bahu. Namun ketika telinga memanjang inilah mereka merasa sebagai perempuan yang cantik seutuhnya.
Perempuan di suku Dayak menganggap bahwa Makin panjang telinga makin cantik dan pemasangan anting juga menjadi identitas perempuan bangsawan

Suku Batak Karo, Sumatera Utara
Di dalam suku Batak Karo, kecantikan bagi perempuan Batak Karo adalah perempuan yang memiliki kaki besar. Menurut hasil studi antropolog dari University of Washington, dianggap mencerminkan bentuk adaptasi terhadap lingkungan pertanian. Selain itu, perempuan yang memiliki kaki besar dianggap melambangkan sosok perempuan yang kuat dan rajin bertani.

Suku Sentani, Papua
Perempuan di dalam suku Sentani mengepang rambut dapat membuat mereka menjadi cantik. Keterampilan yang sudah diajarkan turun temurun dalam mengepang juga tidak sembarangan perlu keterampilan khusus yang bisa diajarkan ke beberapa generasi. Mengepang dilakukan dengan memilah rambut lalu disisir menjadi beberapa bagian, pengepangan rambut dilakukan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kondisi iklatannya juga harus kuat dan rapi. Bentuknya pun sesuai dengan pola anyaman khas leluhur Papua.

Suku Belu, Pulau Timor
Tato dijadikan penanda kecantikan bagi perempuan-perempuan di suku Belu, dalam membuat tato dibutuhkan biaya tidak sedikit maka dari itu tato juga dijadikan sebagai tolak ukur strata kehidupan. Pemasangan tato pada perempuan suku Belu juga demi memiliki daya tarik kepada lawan jenisnya serta menjadikan suatu kebanggan tersendiri

Suku Mentawai, Sumatera
Perempuan perempuan di suku Mentawai lebih mempunyai cara yang esktrem demi mempercantik diri mereka. Perempuan disana memgerik gigi mereka hingga runcing tanpa anestesi dengan pisau kecil. Tradisi Kerik Gigi dilakukan gadis mentawai sebagai bagian mempercantik diri hingga menjadi simbol kedewasaan seorang gadis. Memiliki kepercayaan unik bahwa wanita yang beranjak dewasa akan lebih terlihat cantik jika memiliki bentuk gigi yang runcing. Gadis dengan gigi runcing akan lebih digilai pria-pria di sekitarnya. Membawa pada keindahan hakiki dimata lawan jenisnya. (Fariz) line at radio pemuda fm

3 Comments
  1. abahadil

    indonesia memang negara yang paling unik budayanya :D

  2. ibnuasmara

    Wah, ngeri banget ngeliat budaya suku dayak. klo umurnya udah sampe 80, berarti 80 anting donk. WOW

  3. syuhada

    Kaki besar menurut suku batak semana ya?

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.