Berita Musik

‘Pesisir’ Kerinduan Dari Pusakata2 min read

Friday, 10 Jan 2020 | 16:39 WIB 2 min read

author:

‘Pesisir’ Kerinduan Dari Pusakata2 min read

Reading Time: 2 minutes
Artwork Lagu ‘Pesisir – Pusakata’

Bersamaan dengan dimulainya musim penghujan, Pusakata memilih penghungjung akhir tahun 2019 lalu untuk mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Lagu Pesisir.  Lagu kedua dalam Buku Satu di album perdana dari Pusakata masih menceritakan seputar kerinduan.

“Ya, masih tentang kerinduan dan belum selesai dengan kerinduan. Ternyata rasa rindu yang kental itu ada. Rasa rindu yang selalu kita temukan setiap hari lewat kegiatan, kecintaan terhadap apa yang kita lakukan. Lalu ketika kita bisa bagi ketulusannya ke orang lain, kerinduan itu terus-menerus menjadi sebuah energi. Maka dari itu selalu ada rasa ingin pulang lagi ke situ.” Jelas Pusakata saat ditanya tentang tema dari Lagu Pesisir.

Judul Lagu Pesisir terasa sangat yang lekat dengan laut sebab lagu ini diilhami dari suara ombak di Kota Luwuk Banggai, seorang nelayan di Wakatobi, dan sebuah keluarga suku Bajo yang ditemuinya di Pulau Tinalapu. Pusakata sengaja merekam suara ombak dan memasukannya ke dalam lagu ini.

Doc. Pusakata

“Kenapa saya merekam suara ombak di Lagu Pesisir karena nilai filosofisnya. Dalam setiap hempasan ombak, ada yang datang dan ada yang pergi. Ada hal yang berat sekaligus ringan bersamaan ketika diantarkan pergi. Mungkin berat melepaskan, tapi nanti suatu hari semua itu akan kembali. Energi inilah yang ingin dibagi oleh Pusakata lewat lagu Pesisir.” Kata Pusakata.

Bagi Pusakata, Lagu Pesisir juga menyiratkan sebuah pesan tentang kerelaan, “Bahwa ketika kita siap melepas, saat itu juga ada kepastian kita akan meraih sesuatu. Masalahnya hanya satu, maukah kita menunggu? Saat menunggu itulah kita bisa menemukan diri kita rela bersabar atau tidak. Jika rela, maka di situlah letak kemenangannya, kemenangan melampaui rindu.”

Ada pesan lainnya yang ingin dibagi lewat lagu ini? “Ada. Orang pesisir itu selalu merasa dirinya bisa ngobrol dengan angin, ombak, dan selalu percaya diri bahwa apa yang disampaikan lewat angin dan ombak akan sampai ke orang yang dituju. Itu juga yang menjadi pesan dari lagu ini: kalau rindu, yakin saja, ungkapkan saja, sampaikan saja melalui media apapun, orang yang dimaksud pasti bisa merasakan.” Tutur Pusakata menutup kisah dan pesan-pesan yang dititipkan dalam Lagu Pesisir.

Lagu Pesisir sudah dapat dinikmati melalui cakram ganda album Dua Buku Pusakata dan tersedia juga pada kanal-kanal digital.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.