Berita

M Nuh: Masalah Biaya Tak Boleh Halangi Perkuliahan1 min read

Thursday, 19 Jun 2014 | 15:26 WIB < 1 min read

author:

M Nuh: Masalah Biaya Tak Boleh Halangi Perkuliahan1 min read

Reading Time: < 1 minute

PEMUDAFM.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh memerintahkan rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar mengurusi siswa yang mengalami masalah pembiayaan. Ia meminta agar tidak ada siswa yang putus kuliah karena tidak mampu membayar biaya perkuliahan.

“Saya sudah minta kepada semua rektor PTN. Bagi anak yang sudah diterima secara akademis, tidak boleh mereka tidak bisa melanjutkan kuliah gara-gara urusan pembiayaan,” ujar M Nuh, saat melakukan inspeksi mendadak di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (17/6/2014).

M Nuh mengatakan, ia telah meminta masing-masing perguruan tinggi memberikan alternatif dalam berbagai skema apabila terdapat siswa yang kesulitan akan pembiayaan kuliah. Beberapa alternatif tersebut, menurut Nuh, program bidik misi, pola pembayaran secara angsuran, keringanan sampai pembebasan biaya kuliah.

“Kampus bisa kerja sama dengan kelompok masyarakat. Misalnya, dosen jadi orangtua asuh, atau memberikan diskon atau keringanan biaya,” ujar M Nuh.

Menurut Nuh, seringkali siswa yang telah lulus seleksi dan diterima di PTN, tidak datang pada saat hari pendaftaran ulang. Pada akhirnya siswa tersebut membatalkan haknya untuk mengikuti perkuliahan.

Sumber: Kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.