Kuliner

Sensasi Manis Pedas Pisang Goreng Sambal Roa Ala Manado2 min read

Monday, 14 Nov 2016 | 11:23 WIB 2 min read

author:

Sensasi Manis Pedas Pisang Goreng Sambal Roa Ala Manado2 min read

Reading Time: 2 minutes

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Camilan pisang goreng biasanya disajikan hangat dan langsung makan begitu saja atau dipadukan dengan taburan keju parut, cokelat atau siraman susu kental manis. Tetapi ada yang berbeda dengan sajian pisang goreng di Manado. Karena kota ini memiliki sajian pisang goreng dengan cocolan sambal ikan roa.

Berbeda dengan daerah-daerah lain yang hanya menyantap pisang goreng tanpa embel-embel apapun, Manado justru tampil beda dengan Pisang Goreng Sambalnya. Ini menjadikan wisata kuliner tersebut membuat penasaran ingin mencoba. Pisang goreng Manado menjadi salah satu menu favorit pengunjung Pantai Malalayang di Kota Manado. Sepintas tidak ada yang aneh dengan pisang gorengnya. Para penjual pisang goreng Manado memilih pisang kepok sebagai bahan utama. Alasannya tentu saja karena pisang kepok memiliki daging buah yang tebal dan citarasa yang lebih manis. Sensasi pisang goreng dengan permukaan renyah dan bagian dalam yang lembut dan manis tentu sangat nikmat.

Sebuah pisang kepok berukuran sedang akan diiris menjadi empat bagian tanpa memutuskan salah satu ujungnya. Pisang kemudian dibentuk menyerupai kipas dan dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu sebelum digoreng. Cara penyajian pisang goreng Manado yang menjadikannya berbeda dengan jenis pisang goreng lain. Potongan pisang goreng hangat akan disajikan di piring bersama dengan sambal ikan roa gurih.

Ikan roa adalah salah satu hasil laut khas Manado. Jumlahnya yang melimpah membuat ikan ini sering diolah menjadi jenis makanan yang lebih tahan lama. Mengolah ikan roa menjadi sambal memang merupakan pilihan yang tepat. Karena mayoritas masyarakat Manado menyukai hidangan bercitarasa pedas. Sehingga menyantap pisang goreng dengan cocolan sambal ikan roa akan memberikan sensasi pedas, manis, dan gurih yang terasa luar biasa.

Perpaduan sambal ikan roa yang gurih dan pedas dengan pisang goreng yang manis dan legit menghasilkan cita rasa yang khas saat berada di mulut. Menikmati pisang goreng dengan cocolan sambal merupakan pengalaman unik yang hanya Anda bisa rasakan di Manado. Suasana akan semakin lengkap jika menikmati kudapan khas Manado berupa pisang goreng sambal roa ditemani angin yang berhembus kencang di Pantai Malalayang.

Jadi untuk Anak Muda yang penasaran bagaimana rasa dari sensasi menikmati pisang goreng sambal roa di tepi Pantai Malalayang, bisa berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara. (Fariz)

line at radio pemuda fm
5 Comments
  1. Green Coffee

    wuih, saya baru tahu kalo ternyata pisang juga bisa yah dijadiin pedes, jadi pengin coba nih

    • admin

      Iya silahkan di coba mas ?

  2. Pembelajar Bahasa

    wih kuliner indonesia sangat beragam,pengen nyobain sensani makan pisang ini

    • admin

      Ayo di cobain hehe

  3. Elina

    Jadi penasaran sama pisang pedes nih

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.