Minuman Tradisional Indonesia Yang Tak Kalah Enak dari Boba – Radio Pemuda FM – Radio Online Anak Muda Indonesia
Kuliner

Minuman Tradisional Indonesia Yang Tak Kalah Enak dari Boba5 min read

Wednesday, 28 Apr 2021 | 17:15 WIB 4 min read

author:

Minuman Tradisional Indonesia Yang Tak Kalah Enak dari Boba5 min read

Reading Time: 4 minutes

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Demam minuman boba memang makin populer belakangan di tengah tengah masyarakat Indonesia. Minuman boba ini berasal dari Taiwan dan dikenal dengan nama zenzhu naicha atau susus teh dengan bola tapioka dan di Indonesia muncul dengan berbagai macam varian rasa.

Padahal, Indonesia juga memiliki beberapa minuman sejenis boba yang sayang untuk dilewatkan, beberapa minuman tradisional Indonesia juga tak kalah enak dan menyegarkan. Rasanya yang variatif serta dengan isian yang beragam, tergantung tempat minuman itu berasal membuat minuman tradisonal ini lebih menarik untuk dicoba. Nah berikut ini dia minuman tradisional Indonesia yang tak kalah dari minuman boba:

Es Selendang Mayang

Sumber Foto: Foody.id

Minuman ini berasal dari Jakarta. Bahan dasar dari es selendang mayang adalah tepung hunkwe dan disajikan dengan santan serta saus gula. Es selendang mayang ini terdiri dari lembaran-lembaran yang terbuat dari tepung beras berlapis warna hijau, putih dan merah, kemudian dicampur pacar cina serta diguyur dengan santan dan gula aren kemudian diberi es batu. Karena itu, selain menghilangkan dahaga, es selendang mayang juga mengenyangkan

Es Cendol

Sumber Foto: Shuttertock

Cendol merupakan minuman sejenis boba yang biasanya dinikmati dengan es parut, gula merah cair dan santan. Minuman termasuk minuman khas sunda yang pada awalnya terbentuk dari tepung hunkwe. Namun, dalam perkembangannya, cendol kini terbuat dari tepung beras.

Cendol memiliki nama lain di Jawa Tengah yaitu Dawet. Meskipun begitu, ternyata ada perbedaan tekstur dan rasa antara cendol dan dawet di masing-masing daerah. Misalnya di Banjarnegara lebih dikenal dengan nama Dawet Ayu, serta Ponorogo yang terkenal dengan Dawet Jabung.

Es Doger

Sumber Foto: Sajian Sedap – Grid.ID

Es Doger adalah minuman es dengan isian ketan hitam, alpukat, kelapa, nangka atau sobekan roti tawar. Kemudian atasnya diberi serutan es dengan sirup merah dan susu. Lelehan es serut dan rasanya yang manis dapat melegakan dahaga. Konon katanya, Es doger berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Es Doger adalah kepanjangan dari kata Es Dorong Gerobak. Saat itu Es Doger disajikan hanya untuk melegakan tenggorokan karena dulu memang susah untuk mendapatkan minuman dingin. 

Es Podeng

Sumber Foto: Resepku

Minuman ini berasal dari bahasa Bahasa Belanda yang berarti putar. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan es yang diterapkan yang menggunakan mesin yang terus menerus berputar. Meski terkenal di Jakarta, es tradisional Indonesia diyakini dibawa pedagang asal Garut. Es podeng ini memberikan sensasi kesegaran dengan berbagai bahan di dalamnya seperti roti, kacang tanah, dan agar-agar.

Es Pisang Ijo

Sumber Foto: Shutterstock/Ariyani Tedjo

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat diolah dengan berbagai macam cara, salah satunya menjadi es pisang ijo ini. Minuman khas Makassar ini menggunakan bahan dasar pisang ambon, pisang raja, atau pisang kepok yang sudah matang. Pisang lalu dibalut dengan adonan tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan serta air daun pandan. Minuman lalu disajikan dengan kuah santan encer dan es batu sehingga cocok untuk diminum untuk melepas dahaga.

Sagu Mutiara

Sumber Foto: rajabumbutabur.com

Minuman sejenis boba lainnya yang tak kalah enak adalah sagu mutiara. Sagu mutiara merupakan merupakan makanan yang memiliki tekstur kenyal dan berbentuk mutiara kecil warna khas merah, putih, dan hijau seperti namanya. Sagu mutiara biasa dinikmati dengan beberapa cara seperti mencampurnya dengan es cendol, dibuat puding hingga diolah menjadi jenang mutiara yang dinikmati bersama santan.

Kolak Biji Salak

Sumber Foto: Sajian Sedap – Grid.ID

Kolak biji salak kerap menjadi makanan pembuka puasa pada bulan puasa. Minuman sejenis boba ini memiliki rasa yang manis. Kolak sendiri berasal dari kata ‘Khalik’ yang memiliki Sang Pencipta Langit dan Bumi.

Kolak biji salak ini juga menjadi salah satu makanan yang digunakan penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa oleh para ulama. Kolak biji salak adalah modifikasi dengan cara mengolah ubi jalar oranye yang dicampur dengan tepung tapioka dan dibentuk menyerupai biji buah salak, kemudian dihidangkan dengan campuran santan.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp