Kuliner

Bubbor Paddas, Si “Raja Bubur” Dari Kalimantan2 min read

Thursday, 22 Feb 2018 | 19:00 WIB 2 min read

author:

Bubbor Paddas, Si “Raja Bubur” Dari Kalimantan2 min read

Reading Time: 2 minutes

PEMUDFAM.COM, Radio Online Indonesia – Anak Muda, bicara tentang Provinsi Kalimantan tentu terkenal dengan wilayahnya yang luas dan hamparan pepohonan yang kaya sungguh membuat Kalimantan layak menyandang gelar “Paru-Paru Indonesia”.

Namun, selain terkenal dengan kekayaan alamnya, kalimantan juga terkenal dalam hal kuliner loh Anak Muda. Salah satunya adalah Bubbor Paddas atau dalam bahasa Indonesia berarti Bubur Pedas. Bubbor Paddas/Bubur Pedas adalah makanan khas yang berasal dari Kalimantan Barat. Sekilas isi dari bubur ini adalah berbagai macam sayuran yang dicampur menjadi satu.

Bertolak belakang dari namanya, bubur ini tenyata sama sekali nggak pedas lho! (kecuali kalau ditambah sambal). Bubur ini malah cenderung sangat terasa sayuran sekali, dan ada satu sayuran khusus yang bernama daun kesum yang memberi rasa khas bubur ini. Daun ini mempunyai bau yang khas seperti rasa daun so (daun melinjo) tapi dengan bau dan rasa yang lebih tajam lagi sehingga ada sebagian orang ada yang nggak suka bubur ini karena nggak tahan dengan bau atau rasanya. Daun kesum sendiri kemungkinan besar ada di wilayah Kalimantan Barat jadi nggak heran kalau aroma khas bubbor paddas ini nggak bisa lepas dari daun kesum.

Untuk proses pembuatan Bubbor Paddas, beras ditumbuk halus terlebih dahulu kemudian disangrai (digoreng tanpa minyak), setelah itu dicampur bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun salam, daun kunyit, garam dan sedikit gula. Semua bumbu tersebut ditumbuk halus, kecuali serai, daun kunyit dan daun salam, kemudian dimasak dengan cara sangrai pula. Bumbu yang telah disangrai dimasukkan ke dalam air mendidih bersama beras tumbuk yang juga telah disangrai.

Setelah beras tumbuk dan bumbu tercampur ke dalam air mendidih atau kaldu sapi, barulah dimasukkan berbagai macam sayuran seperti daun pakis, kangkung, daun kesum, serta aneka sayuran lain sesuai selera kemudian dimasak hingga matang dan siap dihidangkan.

Untuk penyajiannya, bubur dituang ke dalam mangkuk kemudian dihidangkan bersama dengan kerupuk, kacang tanah goreng, kecap manis, sambal dan bawang goreng. Biar makin sedap tambahkan juga perasan jeruk sambal.

Buat Anak Muda yang penasaran sama rasa kuliner yang satu ini, segera siapkan waktu kalian untuk liburan ke Kalimantan Barat ya. Karena selain kalian bisa menikmati Bubbor Paddas, kalian juga akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Setelah menikmati itu semua dijamin kalian pasti akan semakin sadar bahwa kalian Suka Indonesia. (Janet)

Foto: Idntimes.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.