Film

Riri Riza Siap Ditantang Jokowi1 min read

Thursday, 24 Jul 2014 | 16:51 WIB < 1 min read

author:

Riri Riza Siap Ditantang Jokowi1 min read

Reading Time: < 1 minute

PEMUDAFM.COM – Riri Riza (43) menaruh harapan akan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla (JK), presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu Presiden 2014. Ia ingin Jokowi-JK bisa memerhatikan industri film Tanah Air. Sebagai sutradara, penulis skenario, dan produser film, Riri melihat banyak rekan seniman yang siap memberi seluruh potensi mereka jika didukung oleh pemerintah.

“Film itu akan menjadi cermin bagi jalannya kehidupan sebuah bangsa. Jelas sekali, kalau Pak Jokowi menjalankan pemerintahan dengan baik, pasti dunia film mendapatkan dorongan untuk jadi lebih baik. Kalau pemerintah beri ruang lebih baik dan kondusif, potensi akan lebih baik. Banyak produser, sutradara, dan penulis punya kesiapan untuk ditantang demi pengembangan film lebih baik,” papar Riri dalam wawancara oleh Kompas.com melalui telepon, Rabu (23/7/2014).

Banyak aspek dari industri film, menurut Riri, yang bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah mendatang.

“Dari segi teknis, memberikan beasiswa bagi yang berbakat. Dari segi industri, memberikan keringanan pajak bagi para investor di dunia film. Dari distribusi, supaya memberi jalan agar karya bisa dipertunjukan lebih luas,” harap Riri.

Untuk jangka panjang, produser film Pendekar Tongkat Emas ini juga ingin Jokowi bisa membangun pusat budaya di setiap provinsi.

“Setiap provinsi diberikan pusat kebudayaan yang bisa menampilkan pertunjukan dan pemutaran film, sehingga film-film yang tidak bertahan cukup lama di bioskop komersial bisa diputar di sana,” harap Riri lagi.

Sumber: Kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.