Berita

Bulan Depan, Olimpiade Sains Nasional Digelar di NTB1 min read

Tuesday, 19 Aug 2014 | 18:39 WIB < 1 min read

author:

Bulan Depan, Olimpiade Sains Nasional Digelar di NTB1 min read

Reading Time: < 1 minute

PEMUDAFM.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/sederajat pada 1-7 September 2014 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). OSN tahun ini diikuti sekitar 3.000 peserta.

Rencananya OSN akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh bersama Gubernur Provinsi NTB, M Zainul Majdi, di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB. Mendikbud mengatakan, tujuan kegiatan OSN antara lain menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, serta nasional dan internasional.

“Juga untuk menjaring siswa unggulan di bidang sains, matematika, fisika, kimia, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. Mereka akan dipersiapkan menjadi anggota tim nasional dalam beberapa kompetisi internasional,” ujar Mendikbud dalam siaran pers di Jakarta, Senin (18/8/2014).

OSN juga diharapkan memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains dan mempunyai karakter. Selain memacu peningkatan mutu pendidikan, khususnya di bidang sains, kegiatan itu juga akan menumbuhkan rasa kebangsaan di kalangan peserta didik.

Ke depan, lanjut Mendikbud, hasil paling utama yang diharapkan dari kegiatan OSN adalah terciptanya suasana kompetisi yang sehat antar-siswa, antar-sekolah, dan antar-provinsi di bidang sains, matematika, astronomi, ekonomi, dan kebumian.

Sumber: Kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.