Acara

Mempersiapkan Diri Mengikuti UTBK 2021 Melalui TOSSAKA 17th3 min read

Sunday, 7 Feb 2021 | 12:31 WIB 3 min read

author:

Mempersiapkan Diri Mengikuti UTBK 2021 Melalui TOSSAKA 17th3 min read

Reading Time: 3 minutes

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – TOSSAKA 17th  merupakan sarana persiapan diri bagi para siswa/siswi SMA sederajat dalam menghadapi UTBK 2021 yang saat ini telah memasuki pelaksanaan ke-17. Dengan ertemakan rocketship dan dibalut dengan tagline Boost your spirits, Reach the unlimited”, TOSSAKA 17th mengimplikasikan harapan agar dapat mendorong daya juang para peserta dalam menggapai kampus impian. Kondisi pandemi yang melanda Indonesia saat ini mengharuskan TOSSAKA 17th dilaksanakan secara daring melalui platform digital seperti YouTube Live dan Zoom. Meskipun pelaksanaannya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, TOSSAKA 17th telah sukses diikuti oleh 271 peserta yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2021 lalu.

Rangkaian acara TOSSAKA 17th dikemas secara menarik. Tidak hanya mendukung persiapan akademis para peserta, TOSSAKA 17th juga memfasilitasi kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat peserta dalam menghadapi UTBK 2021 dan dunia perkuliahan. Beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan pada tahun ini adalah try out, seminar motivasi, pembahasan soal, dan bedah fakultas.

Acara try out dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pengerjaan soal TPS memiliki empat subtes yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis serta TKA terbagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum, yang masing-masing memiliki 4 subtes. TKA Saintek terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi, sedangkan TKA Soshum terdiri dari Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Try out ini merupakan simulasi UTBK yang akan dilaksanakan secara Computer Based Test atau CBT. Para peserta dapat mengikuti ujian baik dalam rumpun soshum maupun saintek. Selanjutnya, dalam kegiatan pembahasan soal, panitia bidang soal TOSSAKA 17th akan menjelaskan cara pengerjaan beberapa contoh soal melalui platform YouTube secara live. Para peserta juga dapat mengajukan pertanyaan mengenai soal yang sebelumnya telah mereka kerjakan

TOSSAKA 17th juga menghadirkan guest star yang dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para peserta dalam acara seminar motivasi. Guest star yang turut meramaikan kesempatan kali ini adalah Miracle Sitompul, seorang content writer, dan Fauzan Al Rasyid, seorang senior editor Russia Beyond dan education influencer. Dalam sesi kali ini, dihadirkan juga Mahesa Oktareza, ketua BEM FMIPA UI 2020 sebagai moderator. Para peserta berkesempatan mendengarkan pengalaman para pengisi acara dalam menjalani perkuliahan dan memperjuangkan jurusan yang diinginkan. Kedua guest star menyampaikan kisah yang inspiratif, kita dapat belajar bahwa untuk mencapai apa yang kita inginkan tentu dibutuhkan usaha yang keras. Selain itu, lingkungan yang baik juga memberi dampak positif terhadap pengembangan diri seseorang. Namun, kegagalan juga merupakan hal yang wajar dan tidak perlu disesali.

TOSSAKA 17th juga turut memfasilitasi para peserta untuk mengetahui informasi dan gambaran mengenai kehidupan perkuliahan dalam berbagai fakultas. Dalam acara bedah fakultas yang diadakan menggunakan platform digital berupa Zoom, para peserta dapat memasuki room Zoom fakultas yang disediakan sesuai minatnya masing-masing. Setiap room Zoom akan diisi oleh perwakilan fakultas dan program yang ada di Universitas Indonesia dimana satu room Zoom terdiri dari satu fakultas sehingga terdapat 15 room Zoom. Dipandu oleh seorang MC, perwakilan dari fakultas akan menjelaskan gambaran kehidupan kampus serta informasi yang berhubungan dengan fakultas yang bersangkutan meliputi biaya pendidikan, daya saing dan jumlah mahasiswa yang diterima, jalur masuk, program studi, akreditas, prospek kerja hingga pengalaman dalam menjalani ospek. Para peserta juga dapat memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dengan bertanya kepada para perwakilan fakultas. Selain itu, peserta juga dapat berpindah pindah ke berbagai room Zoom fakultas, sehingga informasi yang didapat tidak hanya terpaku pada satu fakultas saja. 

Walaupun dilaksanakan secara daring, rangkaian acara TOSSAKA 17th ini tidak kalah menarik dan seru dari tahun-tahun sebelumnya. Semangat dan antusiasme para peserta juga sangat terasa pada tahun ini. TOSSAKA diharapkan dapat mendorong daya juang, menumbuhkan semangat serta meningkatkan kemampuan para peserta dalam menghadapi UTBK 2021 dan meraih PTN impian.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.