Kreativitas dan Produktivitas Fotografer di saat Pandemi COVID-19 – Radio Pemuda FM – Radio Online Anak Muda Indonesia
Acara

Kreativitas dan Produktivitas Fotografer di saat Pandemi COVID-193 min read

Sunday, 20 Dec 2020 | 17:26 WIB 3 min read

author:

Kreativitas dan Produktivitas Fotografer di saat Pandemi COVID-193 min read

Reading Time: 3 minutes

PEMUDAFM.COM, Radio Online IndonesiaPada tanggal 15 Desember 2020 PR Youth Generation menggelar kegiatan webinar dan lomba fotografi sebagai rangkaian acara Diesnatalis yang dinaungi oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul (FIKOM UEU). Dengan mengusung tema “Kreativitas dan Produktivitas Fotografer di Tengah Pandemi COVID-19” acara ini bertujuan untuk memberikan peningkatan wawasan kreativitas serta mengembangkan produktivitas masyarakat umum terutama yang berminat di bidang seni fotografi, dengan harapan dunia seni fotografi di Indonesia terus berkembang dan tetap terjaga eksistensinya. Kegiatan webinar ini menghadirkan tiga narasumber yang sudah berpengalaman yaitu Bea Wiharta selaku Senior Photografer dan Visual Storyteller, Arryadianta M.Sn selaku Maestro Magazine Photografer serta Ikbal Rachmad, ST.MT selaku Communication Lecture of Universitas Esa Unggul.  

Dekan FIKOM UEU Drs. Erman Anom, M.M.Ph.D di Jakarta, Selasa (15/12), dalam sambutanya mengatakan beliau berharap kreativitas mahasiswa di koperasi mahasiswa dan lain – lainnya dan diimbangi dengan pembimbing tugas akhir (TA) untuk berberan aktif mendidik mahasiswa sekalian. Hal ini tentunya selaras dengan Diesnatalis yang kali ini diselenggarakan salah satunya untuk mendorong kreativitas mahasiswa.

Dilanjutkan dengan Arrya Dianta yang didapuk sebagai salah satu narasumber menjelaskan bahwa sebuah kreativitas itu tanpa batas, yang harus diperhatikan yakni bagaimana caranya mengatur produktivitas itu bermakna untuk orang lain. Dengan terus menggali kemampuan dan ide kreativitas dengan memanfaatkan media-media yang ada, bukan hanya tentang hasil tetapi tentang proses.

Ikbal Rachmad menambahkan bahwa di tengah pandemi bukan berarti seseorang tidak berkembang. Kreativitas harus terus dikembangkan dan diasah, karena kreativitas itu merupakan salah satu skill yang mumpuni, serta harus melihat situasi saat ini bagaimana dapat memanfaatkannya.

Bea Wiharta mengatakan bahwa banyak sekali aktivitas-aktivitasnya yang berubah setelah adanya pandemi, banyak pekerjaan yang harus dibatalkan. “Jadi saya memanfaatkan apa yang ada untuk saya foto” katanya. Beliau mencoba hal baru dengan memfoto makanan, kegiatan-kegiatan di rumah yang bisa membuatnya tetap aktif.

Dikesempatan yang sama dilaksanakannya lomba fotografi yang memiliki sejumlah keunikan dibandingkan pelaksanaan lomba fotografi pada umumnya sebelum pandemi, pengumpulan dan penilaian karya berlangsung dalam situasi virtual, namun tidak mengurangi kualitas dan esensi dari suatu perlombaan. Sebelumnya pada 12 Desember 2020 telah dilaksanakannya presentasi serta penilaian kepada 10 besar peserta yang telah terpilih karyanya yang berasal dari berbagai macam daerah diantaranya yaitu : DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten.

Sebagai penutup rangkaian acara webinar diumumkannya pemenang lomba fotografi diantaranya yaitu : pemenang pertama Fajar Syafi’i dengan karya “Pengrajin Wayang”,  pemenang kedua Ossid Dhuha Jussas Salma dengan karya “Telor Asin”, dan pemenang ketiga Eliezer Cristiawan dengan karyanya “Pembuat Jajanan Kue Donat”

Dengan diselenggarakannya lomba fotografi Disnatalis 2020 ini, diharapkan menjadi ajang untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan bakat dan potensi, khususnya dibidang seni rupa, selain itu ajang ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus menumbuhkan motivasi dikalangan pelajar agar dapat menggali dan meningkatkan kreativitasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp