Acara

Bedah Kampus Universitas Indonesia 204 min read

Friday, 11 Dec 2020 | 3:13 WIB 3 min read

author:

Bedah Kampus Universitas Indonesia 204 min read

Reading Time: 3 minutes

Bedah kampus UI merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Badan Ekseskutif Mahasiswa Univeristas Indonesia (BEM UI). Acara ini diisi dengan beragam kegiatan, mulai dari pengenalan fakultas, program pendidikan, hingga jurusan yang ada di UI. Selain itu, acara ini pun turut mengundang alumni UI untuk berbagi pengalaman dengan bercerita tentang kehidupan kampus hingga pasca kampus.

Pada tahun ini BKUI 20 diselenggarakan secara daring akibat pandemi COVID-19 yang masih belum mereda.

Hari Pertama (SAINTEK)

Kegiatan BKUI20 hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2020 pukul 07.00 WIB -15.00 WIB dengan menggunakan platform online meeting (Zoom). Peserta BKUI20 dipersilahkan masuk dalam platform Zoom pada pukul 06.50 WIb. Terdapat 2 room dengan narasumber yang berbeda. Narasukber pada room 1 merupakan Humas Universitas Indonesia, Najwa Shihab, Muhammad Syaeful Mujab, Mahasiswa berprestasi RIK 2020, Daniell Edward Raharjo, dengan moderator Ketua BEM Universitas Indonesia tahun 2019, Manik Marganamahendra. Sedangkan room 2 adalah Humas Universitas Indonesia, Jovial da Lopez, Alfatih Timur, Mahasiswa berprestasi Saintek 2020, Kenny Anderson, dengan moderator Wakil Ketua BEM Universitas Indnonesia, Muhammad Rifadli. Kegiatan pada hari ke-1 ini meliputi pemaparan mengenai informasi umum seputar Universitas Indonesia yang disampaikan oleh Humas Universitas Indonesia, serta Takshow dan Sharing Session mengenai pengalaman berkuliah di Universitas Indonesia bersama dengan narasumber. Kegiatan ini berfungsi untuk membagikan pengalaman berkuliah mulai dari akademis hingga non akademis, serta gambaran secara umum dalam menempuh pendidikan di UI melalui para narasumber. Peserta BKUI20 sangat antusias dan aktif dalam bertanya kepada narasumber terutama mengenai suka dan duka selama berkuliah di Universitas Indonesia.

Hari Kedua (SAINTEK)

Kegiatan BKUI20 hari kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 29 November 2020 pukul 07.00 – 15.00 WIB pada Platform Online Meeting (Zoom). Peserta BKUI20 diperbolehkan masuk pada platform Zoom pukul 06.50 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terdapat 2 room dengan narasumber yang berbeda yang disediakan oleh panitia BKUI20. Narasumber pada room 1 merupakan Humas BEM Himpunan Jurusan/Departemen dari fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Program Vokasi (Rumpun Kesehatan). Sedangkan narasumber pada room 2 merupakan Humas BEM Himpunan Jurusan/Departemen dari Fakultas teknik dan Fakultas ilmu Komputer. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang memadai mengenai jurusan-jurusan yang ada di Universitas indonesia, serta gambaran kehidupan dalam menempuh pendidikan di UI melalui pemaparan dari narasumber.

Hari Ketiga (SOSHUM)

Kegiatan BKUI20 hari ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 pukul 07.00 – 17.00 WIB pada Platform Online Meeting (Zoom). Peserta BKUI20 diperbolehkan masuk pada platform Zoom pukul 06.50 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terdapat 2 room dengan narasumber yang berbeda pada sesi Bedah Universitas dan jurusan yang berbeda pada sesi Bedah Fakultas & Jurusan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB). Narasumber pada room 1 adalah Ezra Mandira, Humas UI, Febrio Nathan Kacaribu, Jean Nursyahbani Ninkeula yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Vokasi 2020 dan Humas BEM FIB serta perwakilan jurusan Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Indonesia, Ilmu Sejarah, Sastra Rusia, Ilmu Filsafat, Sastra Belanda, dan Sastra Jawa. Sedangkan narasumber pada room 2 adalah Kafin Sulthan Reviera, Humas UI, Alika Islamadina, Dizza Aliftsa Agus yang merupakan Mahasiswa Berprestasi SOSHUM 2020, dan Humas BEM FIB serta perwakilan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Jepang, Sastra Arab, Arkeologi, Sastra Cina, dan Ilmu Perpustakaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang memadai mengenai jurusan-jurusan yang ada di Universitas Indonesia serta gambaran kehidupan dalam menempuh pendidikan di Universitas Indonesia melalui pemaparan dari para narasumber.  Peserta BKUI20 sangat aktif bertanya terutama mengenai penjelasan jurusan secara umum, program dan peminatan yang ditawarkan, informasi mata kuliah yang dipelajari, karakter khusus jurusan, prospek kerja, kesempatan pertukaran pelajar, metode perbelajaran bahasa, serta kegiatan himpunan dan keseharian mahasiswa yang menjalani perkuliahan di jurusan tersebut.

Hari Keempat (SOSHUM)

Kegiatan BKUI20 hari keempat dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Desember 2020 pukul 07.00 – 17.00 WIB pada Platform Online Meeting (Zoom). Peserta BKUI20 diperbolehkan masuk pada platform Zoom pukul 06.50 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terdapat 2 room dengan narasumber yang berbeda yaitu pada room 1 perwakilan Fakultas Hukum,  Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Ilmu Politik, Sosiologi, Kriminologi, Kesejahteraan Sosial,  Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi,dan Antropologi Sosial), Terakhir vokasi (Penyiaran Multimedia, Hubungan Masyarakat, Periklanan Kreatif, dan Pariwisata). Sedangkan narasumber pada room 2 adalah perwakilan Fakultas Ilmu Administrasi (Administrasi Fiskal, Administrasi Negara, Administrasi Niaga), Fakutas Ekonomi Bisnis (Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi Islam, dan Bisnis Islam),Terakhir vokasi (Akuntansi Keuangan, Manajemen Rekod dan Arsip, Administrasi Perpajakan, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, serta Administrasi Perkantoran dan Sekretariat). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang memadai mengenai jurusan-jurusan yang ada di Universitas Indonesia serta gambaran kehidupan dalam menempuh pendidikan di Universitas Indonesia melalui pemaparan dari para narasumber.

Secara keseluruhan acara BKUI20 berlangsung dengan lancar meskipun terdapat beberapa kendala karena menggunakan platform online meeting tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan mudah sehingga BKUI20 sejak hari pertama hingga selesai berlangsung dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.