Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Warna Warni Indonesia: Rumah Kerucut di Wae Rebo

admin Thursday, 10 Sep 2015 | 11:16 WIB 4 1195 Views
Warna Warni Indonesia: Rumah Kerucut di Wae Rebo

PEMUDAFM.COM – Menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia, merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang warga negara dan anak muda yang baik. Berbagai macam budaya yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke, memiliki karakter, sejarah, serta keindahanya tersendiri. Salah satu budaya yang unik dan terdapat di Indonesia yaitu Wae Rebo, yang bertempat disalah satu desa kawasan Kabupaten Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur. Wae Rebo merupakan rumah Kerucut khas yang menjadi daya tarik para wisata lokal maupun mancanegara. Namun sayangnya rumah kerucut ini hanya tersisa 7 buah.

Wae Rebo yang juga merupakan nama dari sebuah desa di kawasan NTT dengan rumah kerucut yang ada disini disebut Mbaru Niang. Rumah tersebut terdiri dari 5 tingkat setinggi 15 meter yang semua ditutupi atap dan menjadi sebuah kerucut. Memiliki 5 tingkat yang memiliki fungsi berbeda tiap tingkatnya. Di tingkat pertama yaitu Lutur atau tenda yaitu di jadikan tempat tinggal penghuninya. Di tingkat kedua Lobo atau loteng yang dijadikan tempat menyimpan makanan dan barang. Tingkat ketiga ada Lentar yang berfungsi menyimpan benih jagung dan tanaman bercocok tanam lainnya. Tingkat ke empat ialah Lempa Rae yaitu tempat untuk menyimpan stock cadangan makanan yang sangat berguna saat panen dirasa kurang berhasil. Dan di tingkat kelima ada Hekang Kode yaitu tempat menyimpan sesajian bagi para leluhur.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Wae Rebo tak perlu khawatir penduduk setempat tak ramah, warga di Desa Wae Rebo sangat menyambut hangat bagi para turis lokal atau mancanegara yang ingin mengenali wisata tersisa di Indonesia ini. Ubi, jagung, talas sampai dengan daging ayam akan disajikan. Menginap disana seperti sebuah mimpi yang hanya terjadi sekali dan selalu ingin kembali merasakan hangat ramahnya para warga Wae Rebo. (Putri)






—–
Artikel ini merupakan ulasan dari program WAWANI – Warna Warni Indonesia, yang tayang setiap jam 17.00 sampai 19.00 WIB di Radio Pemuda FM.

4 Komentar »

  1. Rullah Monday, 12 Oct 2015 | 8:27 WIB at 8:27 WIB - Reply

    Emang unik banget bentuk rumahnya, dan lokasinya pun sangat sunyi

  2. Achmad Fazri Monday, 12 Oct 2015 | 20:23 WIB at 20:23 WIB - Reply

    Memang sangat unik sekali bangunannya, tidak perlu wisata keluar negeri, cukup destinasi ke rumah kerucut yang berada di NTT saja sudah senang sekali

  3. sofyan hadi Tuesday, 13 Oct 2015 | 20:17 WIB at 20:17 WIB - Reply

    aah,, indahnya indonesia.. Banyak sekali kebudayaan dan keragaman yang bisa kita lihat di negara ini.. ngga usah jauh-jauh ke luar negeri sebenarnya, mengeliling indonesia jg udah bikin memenuhi kebutuhan travellingmu..
    kapan-kapan, pengen kesinii ah..
    makasih mas atas tulisannya 🙂

  4. bisot Friday, 16 Oct 2015 | 12:11 WIB at 12:11 WIB - Reply

    Unik dan masih suasana desa banget, Kabupaten Manggarai Flores NTT… kayaknya gak afdol kalo belum kesana, trims infonya.

Berikan Komentar: