Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Tradisi Lompat Batu, Warisan Budaya Dari Kepulauan Nias

admin Monday, 9 Oct 2017 | 12:51 WIB 1 71 Views
Tradisi Lompat Batu, Warisan Budaya Dari Kepulauan Nias

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Bicara tentang tradisi di Indonesia tidak akan habis rasanya, karena Negeri Indonesia yang kita cintai ini penuh dengan keanekaragaman suku dan budaya. Tadisi lompat batu adalah salah satu tradisi unik yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Tradisi Lompat Batu salah satu tradisi yang unik di Indonesia.

Tradisi Lompat Batu merupakan aksi melompati batu setinggi 2 meter yang dilakukan oleh pemuda di Nias. Tidak hanya setinggi 2 meter tapi tebal batunya 40 cm. Uniknya, Tradisi Lompat Batu ini berawal dari kebiasaan masyarakyat yang konon pada saat berperang melatih fisik, melompat dan ketangkasan awalnya dengan cara membuat tumbukan batu yang tinggi dan melompatinya. Pemuda yang melompati batu setinggi 2 meter tidak boleh sampai menyentuhnya.

Pada saat ini pelaksanaan tradisi lompat batu diadakan pada waktu yang sudah ditentukan oleh masyarakat dan tempat yang ditentutkan. Tradisi ini sering digunakan secara turun menurun dan diikuti oleh para pemuda yang sudah beranjak dewasa. Pelaksanaan Tradisi Lompat batu, akan disaksikan oleh para warga kampung dan turis asing. Pemuda yang menunggu gilirannya melompat menggunakan pakain adat Nias.

Tradisi Lompat Batu memiliki nilai budaya, kehidupan dan kebersamaan. Tradisi ini masih terus dilestarikan hingga sekarang oleh Kepala Daerah dan Pejabat setempat. Jadi, untuk anak muda yang memiliki rencana liburan ke Nias, jangan lewatkan tradisi Lompat Batu ini yah. (Victor)

Foto: Natinalgeographic

1 Komentar »

  1. Daniel Hutajulu Tuesday, 10 Oct 2017 | 11:15 WIB at 11:15 WIB - Reply

    Teradisi yg sangat mengagumkan , Horas Medan

Berikan Komentar: