Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Tari Rangkuk Alu, Kreasi Seni dari Sebuah Permainan

admin Wednesday, 29 Mar 2017 | 12:46 WIB 0 226 Views
Tari Rangkuk Alu, Kreasi Seni dari Sebuah Permainan

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Kekayaan alam Indonesia dan keaneka ragamanan adat budayanya menghasilkan beragam-ragam kesenian yang menjadikan ciri khas di daerah masing masing di Indonesia. Salah satunya pulau yang masih memelihara buaya dan adan adatnya adalah Nusa Tenggara Timur. Bukannya Cuma menyimpan tempat wisata yang eksotik tetapi di Nusa Tenggara Timur ini juga masih melestarikan tarian tradisionalnya, yaitu Tari Rangkuk Alu.

Tari Rangkuk Alu adalah kreasi seni yang tercipta dan berawal dari permainan tradisional Rangkuk Alu atau Rangku Alu. Permainan Rangkuk Alu sendiri merupakan permainan tradisional yang menggunakan bambu sebagai alat permainannya. Dalam permainan itu, bambu disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti menjepit lalu salah satu atau dua pemain melompat melompat menghindari jepitan.

Disaat melompat melompat itulah pemaian yang menghindar seakan akan melakukan gerakan tari. Gerakan pemain bambu tersebut dipadukan dengan musik daerah sehingga menghasilkan suatu seni yang khas yaitu Tari Rangkuk Alu. Dan dari situlah awal terbentuknya Tari Rangkuk Alu.

Dalam pertunjukannya, Tarian Rangkuk Alu dimainkan oleh para remaja laki-laki dan perempuan. Mereka mengenakan pakaian adat, seperti ikat kepala, baju bero, dan kain songket khas daerah Manggarai. Dalam tarian ini sangat dibutuhkan kelincahan dan ketepatan untuk menghindari jepitan bambu. Dan menjadi sebuah keseruan tersendiri apabila ada satu penari yang terjepit atau tidak menghindari jepitan bambu.

Bukan Indonesia namanya jika disetiap kebudayaannya tidak memiliki sebuah nilai yang terkandung didalamnya, karena di setiap kebudayaan atau tarian tentu memiliki cerita dan hidden moral value. Tarian Rangkuk Alu tak hanya sekadar permainan biasa sebagai sarana hiburan. Tari Rangkuk Alu ini juga menjadi sarana edukasi dan pembentukan diri. Kelincahan dalam menghindari jepitan bambu di tarian ini dapat melatih ketepatan dalam bertindak, konsentrasi, ketangkasan, dan kelincahan.

Beberapa tokoh adat menyebutkan bahwa tarian ini membahasakan suasana gembira, damai penuh persaudaraan. Ada rasa saling percaya antara lelaki yang membenturkan bambu dengan wanita yang melompat diantara celah bambu yang dibenturkan.

Dalam perkembangannya, Tari Rangkuk Alu telah menjadi salah satu tarian tradisional yang terkenal di Manggarai, Flores, NTT. Dulunya, tarian ini sering ditampilkan saat usai panen raya, pada saat bulan purnama. Tapi sekarang Tarian ini sering di tampilkan di berbagai acara seperti acara perayaan, acara budaya, penyambutan tamu penting dan berbagai acara lainnya. Selain sebagai bentuk warisan budaya, Tari Rangkuk Alu juga telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang kesana.

Bagi Anak Muda yang penasaran ingin berwisata budaya dan menambah pengetahuan bisa datang ke Kampung Cecer, karena di kampung ini merupakan salah satu kampung yang masih melakukannya. (Fariz)

Foto: Negerikuindonesia

Berikan Komentar: