Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengetahui Lebih Dekat Si Ulos Seribu Benang Asal Suku Batak

admin Wednesday, 15 Nov 2017 | 12:07 WIB 0 0 Views
Mengetahui Lebih Dekat Si Ulos Seribu Benang Asal Suku Batak

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Anak muda, tau kan kalau sekarang lagi heboh pernikahan anak dari bapak Presiden kita mba Kahiyang Ayu dan M.Afif Bobby Nasution. Kita semua tau kan kalau pernikahan ini memadukan dua budaya, yaitu budaya Jawa dan Medan. Suami dari mba Kahiyang Ayu ini berasal dari tanah Batak,maka dari itu mereka malukan resepsi pernikahan yang menggunakan adat Jawa dan Batak. Kalau anak muda sudah melihat instagram Kahiyang Ayu ataupun suami,pasti kamu akan melihat foto prewedding dengan menggunakan ulos.

Ulos itu adalah kain khas dari tanah batak Sumatera Utara, Indonesia. Ulos sendiri sebenarnya berarti kain. Cara mebuat ulos harus menggunakan alat tenun, karena sebelum manjadi ulos itu sendiri terdapat banyak sekali benang yang harus disatukan menggunakan alat tenun. Alat tenun yang digunakan masih alat tenun tradisional yang harus memasukan lebih dari 1000 benang untuk menenun selembar ulos. Warna yang sering dan dominan di ulos ini adalah warna hitam, merah dan putih yang dihiasi ragam bentuk tenunan dari benang warna emas atau perak.

Dalam adat Batak ada yang namanya mangulosi. Mangulosi itu sendiri adalah sebuh kegiatan adat yang sangat penting bagi orang Batak. Biasanya mangulosi ini dilakukan ketika ada acara pernikahan, kelahiran, maupun duka cita. Maka dari itu ulos menjadi barang yang dibutuhkan disetiap acara adat batik. Hingga akhirnya karena ulos memiliki nilai yang tinggi diantara masyarakat batak.

Ulos itu sendiri memiliki banyak sekali jenis, makna dan fungsinya. Yang pertama ada ulos antakantak biasanya dipakai untuk berkunjung melayat orang yang sudah meninggal, selain itu juga dipakai untuk manortor (menari). Lalu yang kedua ada ulos bintang maratua yang biasa dipakai untuk soerang anak yang memasuki rumah sendiri. Ketiga ada ulos sibolang rasta pamontari yang dipakau oleh wanita/laki-laki yang ditinggal pasangan karena meninggal dunia. Dan ada lagi ulos mangiring yang biasanya dipakaikan kepada anak cucu pertama yang baru lahir.

Itulah beberapa ulasan tentang ulos dari tanah batak yang sangat indah. Banyak sekali keberaneka ragaman kain khas Indonesia yang harus kita jaga sebagai generasi muda Indonesia yang cinta budaya sendiri. Jadi kesimpulannya dari mana pun asal suku kalian selama kalian menjadi warga negara Indonesia wajib lestarikan budaya kita karena KITA SUKA INDONESIA.(Janet)

Berikan Komentar: