Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenang Kembalinya Republik Indonesia di Monjali

admin Thursday, 20 Sep 2018 | 11:18 WIB 0 33 Views
Mengenang Kembalinya Republik Indonesia di Monjali

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Monumen Yogyakarta Kembali atau biasa disingkat dengan Monjali ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta. Monjali merupakan simbol kembalinya pemerintahan RI setelah kekalahan Belanda. Dan sekarang sebagai salah satu objek wisata edukasi yang menyenangkan.

Monumen ini dibangun dengan bentuk kerucut seperti tumpeng, sebenarnya bentuk tersebut menyerupai gunung. Bangunan ini sebagai pertanda kesuburan dan sebagai upaya pelestarian budaya nenek moyang. Penempatan Museum Monumen Jogya Kembali (Monjali) bukan tanpa maksud. Letak bangunannya terletak pada sumbu imajiner yang menghubungkan antara Merapi, keraton, Tugu, Panggung Krapyak, dan parangtritis. Titik imajiner tepatnya pada lantai tiga menumen tersebut, tepat berdirinya tiang bendera.

Museum Monumen Jogja Kembali ini memiliki 3 lantai secara keseluruhan didalamnya terdapat benda-benda bersejarah dan klasik diantaranya adalah mesin ketik jaman dahulu, telephone, buku – buku ensiklopedia, Senjata, replika dan masih banyak lagi. Saat memasuki halaman museum, dimana terdapat sebuah dinding besar yang memuat sebuah puisi Chairil Anwar berjudul “Karawang-Bekasi” dan 422 nama pahlawan yang telah gugur di daerah Wehrkreise III tanggal 19 Desember 1948 sampai 29 Juni 1949. Di lantai dasar terdapat beberapa benda bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dan juga beberapa benda klasik yang cukup unik seperti telpon jaman dulu, mesin ketik, beragam senjata dan masih banyak lagi.

Lantai kedua, terdapat beberapa diorama atau patung sebuah patung lengkap dengan background dan pakaianya menggambarkan perjuangan ketika pada zaman penjajahan Belanda yang mengkhianati perjanjian Reville dan selain itu di lantai dua ini terdapat lukisan dinding yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia pada waktu itu dengan 2 Dimensi.

Lantai ke tiga atau paling teratas, pada ruangan ini dikhususkan ruangan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjuang dan gugur, tempat ini dinamakan sebagai tempat Garbha Graha, pada bagian tengah ruangan ini terdapat bendera merah putih berkibar yang melambangkan kemerdekaan Indonesia dan terdapat relief gambar tangan yang menggambarkan perjuangan fisik pada dinding barat dan perjuangan diplomasi pada dinding timur.

Sedangkan di malam hari suasana Monumen Jogja Kembali (Monjali) berubah menjadi berwarna karena di sana banyak lampu lampion dengan berbagai bentuk. Jadi para Anak Muda yang berkunjung tidak hanya berwisata sejarah, pengunjung yang datang ke Monjali juga dapat menyaksikan taman lampionnya yang menarik, sehingga para Anak Muda dapat melepas penat dengan menikmati cantiknya lampu warna-warni.

Museum Monumen Jogja Kembali adalah kebanggaan warga Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi. Karena kalian bisa merasakan sensasi pelajaran sejarah yang berbeda dibanding mendengar guru sejarah di sekolah dengan memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana kemerdekaan itu tercapai. Melihat berbagai diorama, relief yang terukir atau koleksi pakaian hingga senjata yang pernah dipakai oleh para pejuang kemerdekaan. Satu tempat yang akan memuaskan segala keingin tahuan tentang perjalanan Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. (Fariz)

Berikan Komentar: