Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenal Tari Saman, Kebudayaan Indonesia dari Aceh yang Mendunia

admin Friday, 13 Apr 2018 | 13:20 WIB 0 35 Views
Mengenal Tari Saman, Kebudayaan Indonesia dari Aceh yang Mendunia

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Tari saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo Provinsi Aceh. Awalnya tarian ini untuk merayakan peristiwa penting dalam adat dan merayakan kelahiran Nabi Muahmmad SAW. Namun saat ini, Tari saman kerap ditampilkan di berbagai acara, dari mulai acara kecil, besar hingga acara menyambut tamu besar.

Syair dalam tarian ini menggunakan bahasa Gayo. Untuk gerakannya memakai dua unsur gerak yaitu tepuk tangan dan tepuk dada. Beberapa literatur mengungkapkan bahwa tari Saman pertama kali dikenalkan oleh Syekh Saman, Seorang ulama dari Gayo. Syekh Saman menggunakan tarian ini sebagai media dakwah islam, syair-syairnya pun bernuansa islam untuk mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakkan serta kebersamaan.

Tarian tradisional ini pun telah diakui UNESCO pada tahun 2011 lalu dalam Daftar Representative Budaya Tak benda Karya Manusia dan akan terus dilestarikan. Dikutip dari Goodnewsfromindonesia tari saman sudah memiliki banyak prestasi di mancanegara yang sangat membanggakan untuk Indonesia antara lain Menerima penghargaan sebagai Absolute World Champion of Folklore 2014 dalam ajang 4th World Championship of Folklore 2014 di Bulgaria, The best performance pada festival The International Folk Festiva 2013 yang diadakan di Yunani pada awal juli tahun 2013 lalu, Best Perpormance Award pada acara Cultural Showcase yang digelar di University of Leeds, Inggris sebagai bagian dari World Unite Festival pada Februari 2013, The Best Performance pada Festival Loret de Mar di Barcelona, Spanyol pada 25 Juni – 30 Juni 2012.

Bahkan Group musik sekelas Coldplay menampilkan Tari Saman dalam Video Klip dari lagunya yang berjudul Amazing Day dari album A Head Full of Dreams Video klip tersebut adalah projek film Global Amazing Day, yang menampilkan puluhan kebudayaan dunia, dan Indonesia di wakili oleh dua tari tradisional, yaitu tari saman tari Topeng Malangan dari Malang.

Wah, sangat bangga jadi warga negara Indonesia dimana memiliki banyak sekali kebudayaan yang bahkan sangat terkenal di mancanegara. Jadi Anak Muda, yuk lestarikan budaya Indonesia. (Resti)

Foto: Bobo.id

Berikan Komentar: