Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Melirik 3 Festival Budaya Tahunan di Indonesia

admin Friday, 22 Jan 2016 | 16:38 WIB 1 893 Views
Melirik 3 Festival Budaya Tahunan di Indonesia

PEMUDAFM.COM – Selain menyediakan tempat wisata yang menarik di berbagai wilayah, Indonesia pun memiliki beberapa festival budaya yang diselenggarakan setiap tahunnya. Festival budaya yang menampilkan berbagai macam budaya lokal pada setiap daerah di Indonesia dengan tujuan untuk mengenalkan dan memberikan hiburan kepada masyarakat luas. Berikut festival budaya yang diselenggarakan setiap tahunnya pada beberapa daerah di Indonesia.

DIENG CULTURE FESTIVAL
Dieng Culture Festival adalah pesta budaya yang diadakan di kawasan wisata dataran tinggi Dieng dan biasanya sudah satu paket dengan festival musik yaitu Jazz Atas Awan nih anak muda. Pagelaran pesta rakyat atau agenda acara budaya terbesar ini sudah menjadi acara rutin tahunan termegah di Dieng, Wonosobo dan Banjarnegara semenjak tahun 2010. Beragam acara bisa kamu saksikan mulai dari pemotongan rambut gimbal, pesta kembang api, menerbangkan 5000 lampion secara serentak, Jazz Atas Awan, nonton bareng, acara kesenian adat bumi daerah Dieng, arak-arakan, pagelaran wayang kulit dan masih banyak lagi. Di tahun 2016 Dieng Culture Festival dan Jazz Atas Awan akan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Agustus 2016.

PACU JAWI
Pacu Jawi atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah balapan sapi yang merupakan sebuah atraksi permainan tradisional dan dijadikan sebuah kompetisi atau lomba oleh rakyat setempat. Pacu Jawi telah ada sejak ratusan tahun lalu, awalnya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para petani sehabis musim panen untuk mengisi waktu sekaligus menjadi sarana hiburan bagi masyarkat setempat dan tentunya untuk menarik minat para wisatawan.
Bagi kamu yang tahun ini berencana untuk berlibur di provinsi Sumatera Barat mungkin harus cari tanggal yang tepat dan cari informasi sebanyak mungkin mengenai keseruan festival ini sebelum berangkat, karena festival Pacu Jawi biasa diadakan setelah musim panen yaitu bulan Oktober dan dilaksanakan setiap tahun secara bergiliran selama empat minggu di empat kecamatan kabupaten Datar.

Sebagai informasi tambahan anak muda bahwa festival Pacu Jawi ini berbeda dengan festival Karapan Sapi di pulau Madura loh, walupun keduanya festival yang sangat seru dan heboh. Apa sih yang bikin Pacu Jawi ini berbeda dengan karapan sapi? Ya, perbedaanya terdapat pada lintasannya, Pacu Jawi memiliki lintasan di sawah-sawah berlumpur, sedangkan Karapan Sapi lintasannya cenderung di tempat yang kering.

FESTIVAL ERAU
“Erau” merupakan istilah yang berasal dari kata “eroh” dalam bahasa melayu Kutai Tenggarong memiliki makna keramaian pesta ria atau secara umum dapat dimaknai sebagai pesta rakyat. Berbicara tentang kerajaan Hindu tertua di Nusantara, Kutai Kartanegara rasanya tak akan lengkap tanpa menyinggung bahkan menyaksikan acara pesta rakyat tahunan yang berlangsung di provinsi Kalimantan Timur. Erau merupakan salah satu festival budaya tertua di Indonesia. Tradisi tahunan ini telah berlangsung selama berabad-abad sejak masa awal kesultanan Kutai berdiri.

Dalam perhelatannya, rakyat setempat berpesta dengan mempersembahkan sebagian dari hasil buminya untuk dibawa ke ibukota kesultanan. Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi Erau yaitu sebagai perwujudan rasa syukur atas berlimpahnya hasil bumi yang diperoleh dari rakyat Kutai. Buat anak muda yang ingin menyaksikan festival kerajaan Hindu tertua di Indonesia “Erau”, pemerintah kabupaten Kutai telah menetapkan Erau sebagai pesta budaya yakni dengan menetapkan waktu pelaksanaan secara tetap setiap tahunnya dibulan September.

Nah buat anak muda yang sudah menyusun rencana liburan di awal tahun ini, jangan sampe ketinggalan untuk menyaksikan salah satu festival budaya yang ada di Indonesia. (Putri)


Artikel ini merupakan ulasan dari program WAWANI – Warna Warni Indonesia, yang tayang setiap jam 17.00 sampai 19.00 WIB di Radio Pemuda FM.

Sumber gambar disini.

1 Komentar »

  1. Nasirullah Sitam Friday, 5 Feb 2016 | 13:02 WIB at 13:02 WIB - Reply

    Sekarang kemenpar benar-benar fokus dengan event2 tahunan yang sekiranya bisa menarik banyak pengunjung. 🙂

Berikan Komentar: