Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Kelok 9: Desain Unik Karya Anak Bangsa

admin Sabtu, 9 Apr 2016 | 12:05 WIB 0 483 Views
Kelok 9: Desain Unik Karya Anak Bangsa

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Provinsi Sumatera Barat Biasanya lebih dikenal dengan jam gadangnya di Bukittinggi dan tentu rendangnya. Nah ternyata sekarang ada Jembatan Kelok 9 yang tidak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan untuk para anak muda. Walaupun hanya berupa jalan dan jembatan. Tapi yang membuat istimewa adalah pemandangan alam dan arsitektur jembatannya yang unik. Kelok 9 ini merupakan jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau, tepatnya terletak di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Koto.

Dikarenakan dulu kondisi jalan yang berkelok dan sempit melintasi bukit barisan ini, menyebabkan perjalanan kendaran yang melaluinya menjadi agak lama. Sedangkan volume kendaraan yang melintas cukup banyak. Maka demi kelancaran lalu lintas, akhirnya pemerintah berinisiatif membangun sebuah jembatan berkelok-kelok yang berbentuk unik di antara perbukitan di sekitar kelok 9. Yang paling membanggakan adalah karena jembatan ini merupakan karya dari anak bangsa yang menggunakan konsep green construction dan menggunakan produk-produk dalam negeri.

Tapi ternyata Kelok 9 memiliki usia yang lebih tua dibanding Negara Indonesia loh anak muda. Kelok 9 ini dibangun pada masa Kolonial Belanda tahun 1910 dan jauh lebih tua dibanding dengan merdekanya negara kita yaitu tahun 1945. Usianya yang tua bukan berarti konstruksi bangunannya juga tua, pembangunan ulang semakin memperkokoh keberadaan Kelok 9. Jembatan tersebut diresmikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013 lalu. Terdiri dari 6 buah jembatan dengan tiang-tiang beton kokoh, yang menyeberangi bukit bolak-balik dan sungai di bawahnya. Jembatan keempat memiliki kontruksi yang berbeda dengan jembatan lainnya karena di bawahnya memiliki bentuk pondasi yang melengkung.

Panorama yang indah yang diwarkan oleh jembatan kelok 9 tentu saja akan mengundang ketertarikan dari para pengendara yang melewatinya. Tak asing jika Kelok Jembatan katya anak bangsa ini dijadikan sebagai tempat wisata untuk sekedar beristirahat ataupun untuk berfotoria seklaigus menikmati indahnya hutan yang mengelilingi Kelok 9. Jalannya pun mulus dan bebas macet dengan sedikit polusi tentunya.
Jadi untuk anak muda yang sedang berada di Sumatera Barat atau yang ingin pergi ke daerah sekitarnya, jangan lupa untuk melewati jembatan ini, dijamin anak muda akan terkagum-kagum dan bangga bahwa ternyata Kita bisa membuat jembatan seperti kelok 9. (Fariz)

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: