Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Dibalik Keindahan Alamnya, Ternyata Bali Memiliki Alat Musik Keren Yang Terancam Punah

admin Thursday, 4 Jan 2018 | 12:08 WIB 0 12 Views
Dibalik Keindahan Alamnya, Ternyata Bali Memiliki Alat Musik Keren Yang Terancam Punah

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Siapa yang tak kenal pulau Dewata Bali. Pulau yang sangat indah dengar banyaknya tempat wisata yang selalu dicari para turis. Bali menjadi tempat destinasi bukan hanya sekedar pantainya saja yang indah namun juga ada kopi kintamani nya yang sering diburu dan dipelajari banyak orang. Bali juga terkenal dengan kearifan lokalnya yang khas. Bali masih mempertahan adat istiadatnya. Seperti masih meletakan sesajen didepan rumah, menggunakan baju khas pulau Dewata, dan mengadakan acara adat yang menjadi pemikat para turis mancanegara dan lokal senang berlibur di Bali.

Pulau Dewata bali ini juga menyimapan banyak sekai keunikan. Mulai dari adat hingga alat musik yang sering di perdengarkan kepada para wisatawan lokal mau asing. Namun sayangnya dari ke khasan Bali, sudah ada yang terlupakan bahkan hampir punah. Generasi yang lebih menyukai musik moderen dan melupakan tradisi menyebabkan alat musik Penting ini hampir punah ditelan zaman. Hanya beberapa orang saja yang masik mempunyai dan masih bisa memainkan alat musik ini.

Jika kamu sudah pernah ke Bali, kamu pasti banyak sekali melihat atau mendengar suara alat musik khas pulau dewata tesebut. Tapi kamu akan sulit melihat dan mendengar alat musik yang hampir punah ini bernama “Penting”. Penting mirip sekali dengan kecapi. Alat musik yang sudah tak banyak peminatnya ini berasal dari Karangasem, Bali. Pemain alat musik Penting ini rata-rata sudah berusia lanjut.

Pada era 1980-an, alat musik ini masih mudah dijumpai dalam bentuk perorangan atau sekaa (kelompok yang memainkan musik) pada acara Pesta Kesenian Bali yang setiap tahunnya dibuat oleh pemerintah provinsi Bali. Namun setelah beberapa tahun kemudian, gaung Penting ini mulai menghilang dikarenakan kebanyakan tokoh yang memainkan musik ini meninggal dunia. Tidak ada generasi yang tahu tentang alat musik tradisional ini dan tidak tahu bagaimana cara memainkan alat musik tersebut.

Kecapi dari Karangasem ini harus terus dibudayakan oleh kita anak muda, karena nantinya alat musik “Penting” ini akan cepat punah digerus jaman. Anak muda juga harus bisa mempertahankan ke khasan dari daerahnya masing-masing. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memperdengarkan budaya kita hingga keluar negri. Cintai lah alat musik Indonesia agar kamu makin Suka Indonesia. (Janet)

Berikan Komentar: