Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Bukit Batu Daya Yang Memperdaya Mata

admin Saturday, 17 Sep 2016 | 0:31 WIB 2 452 Views
Bukit Batu Daya Yang Memperdaya Mata

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Bukit batu daya adalah salah satu bukit batu yang ada di Ketapang, disebut batu daya karena sering memperdaya padangan kita. Bila kita melihat dari tempat yang berbeda maka bentuknya juga akan berbeda. Karena bentuknya yang kokoh bersegi seperti Gantang, yaitu takaran padi maka disebut Bukit Gantang. Namun dari dipandang pada tempat berbeda, bukit ini akan menyerupai Onta. Maka disebut bukit onta.

Panorama alam ini menjadi sebuah daya tarik bagi masyarakat yang ingin mengunjungi wilayah Sungai Laur dan Simpang Dua. Pemerintah Kabupaten Ketapang menjadikan Bukit Daya atau Bukit Gantang atau Bukit Onta sebagai salah satu tempat wisata yang layak dipertimbang untuk dikunjungi.

Bukit Batu Daya atau Bukit Unta merupakan salah satu bukit batu yang ada di kalbar selain bukit kelam, lokasi Bukit Daya atau Bukit Unta ini lokasinya berada di Desa Matan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Patut diketahui bahwa bila dilihat dari tempat yang berbeda maka bentuk Bukit Daya atau Bukit Unbta ini akan terlihat berbeda dan inilah yang menjadi pesona bukit Daya atau Bukit Unta.

Bukit Daya atau Bukit Unta ini berdiri kokoh karena hampir seratus persen bukit Daya ini merupakan batuan keras jenis semi gramit maka tidaklah mengherankan terlihat mempesona dari kejauhan. Selain itu dibagian Bukit Daya tidak ditumbuhi pepohonan sehingga terlihat jelas, suasana bukit Daya atau bukit Unta ini semakin agung apabila sebagian bukitnya tertutup kabut dan terkesan penuh misteri.

Bila berlayar dari Pontianak atau Pulau Karimata, maka bukit Batu Daya ini tampak menonjol pada gugusan Gunung Palung, karena bentuknya yang kokoh bersegi seperti gantang (takaran padi). Bukit Daya cenderung dikenal masyarakat kayong dengan nama bukit Unta karena bentuk bukitnya terlihat seperti panggung unta, Bukit Daya atau Bukit Unta ini terletak antara perbatasan Kecamatan Laur Kabupaten Ketapang dan Simpang Hilir dan Sukadana, kabupaten Kayong Utara.

Bukit Daya atau Bukit Unta termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) yang terkenal dengan spesies flora dan fauna langka di dunia. Bukit ini terkenal terjal dan berbatu sehingga seorang anggota mapala UI yang saat itu melakukan ekspedisi pemanjatan tebing meninggal karena jatuh dari bukit.

Di kalangan pemanjat tebing (rock climber) Bukit Daya sudah begitu terkenal karena memiliki jalur tebing yang menantang selain dari Tebing Kelam yang berada di kabupaten Sintang. Bagi Anak Muda yang merasa tertarik atau tertantang untuk menikmati salah satu sekian banyak keajaiban Sang Maha Pencipta tidak salahnya datang ke Bukit Daya atau Unta. (Fariz)

line at radio pemuda fm

2 Komentar »

  1. azam Saturday, 5 Nov 2016 | 14:34 WIB at 14:34 WIB - Reply

    Katapang-bukit batu sekarang menjadi catatan lis perjalananku selanjutnya… (y)

    • admin Sunday, 13 Nov 2016 | 9:14 WIB at 9:14 WIB - Reply

      Mantap mas azam

Berikan Komentar: