Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Bukan Hanya Gedung Besar, Jakarta Juga Punya Patung Monumental Yang Indah

admin Wednesday, 18 Oct 2017 | 10:58 WIB 0 92 Views
Bukan Hanya Gedung Besar, Jakarta Juga Punya Patung Monumental Yang Indah

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Jakarta sebagai ibukota negara memiliki gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi dan bangunan-bangunan tua yang masih bertahan sampai hari ini. Selain itu, Jakarta juga memiliki beberapa patung yang letaknya tersebar di seluruh penjuru Jakarta.

Patung patung ini dapat menjadi simbol sebuah kota, terlebih bila patung tersebut unik dan khas. Patung merupakan hasil perkembangan seni rupa di ruang publik yang tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah yang diawali pada era Soekarno. Nah, Di balik patung-patung monumental yang berdiri di Jakarta, terselip kisah-kisah menarik dan juga pesan yang ingin disampaikan oleh Masyarakat Indonesia melalui patung tersebut. Setidaknya ada lima patung monumental yang menarik untuk dibahas.

1. Patung Selamat Datang

Patung yang terdiri dari sepasang pria dan wanita ini mengangkat tangan kanannya dan sang wanita memegang bunga kecubung. Patung ini berada di depan Hotel Indonesia yang berdiri di atas air mancur bundaran Hotel Indonesia. Patung ini dibangun untuk memberikan salam selamat datang di Jakarta bagi para pendatang. Posisi patung yang menghadap kearah kota (utara) juga menunjukkan daerah kota memegang peranan sebagai pusat bisnis perdagangan, dan pendatang dari pelabuhan pada saat itu.

2. Patung Dirgantara

Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Patung Pancoran karena patung ini berada di kawasan Pancoran. Pembuatan patung ini merupakan ide dari Bung Karno karena beliau ini menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara. Selain itu melambangkan semangat menjelajah angkasa juga melambangkan kemajuan yang dicita-citakan. Patung ini menunujukan arah ke salah satu gerbang masuk Jakarta yaitu bandara halim perdanan kusuma dan mitosnya patung ini juga menunjukan tempat penyimpanan harta karun soekarno.

3. Patung Kuda Arjuna Wiwaha


Dibuat oleh pematung berdarah Bali, Nyoman Nuarta menggambarkan sisi pewayangan yang ada dalam kisah wayang Indonesia. Patung ini digambarkan Arjuna dan Batara Kresna bertempur melawan adipati karna. Dengan menunggangi 8 kuda yang mempunyai makna bahwa seorang pemimpin harus hidup berdasarkan 8 unsur penopang kehidupan. 

4. Patung Pemuda Pembangunan


Patung ini juga sering disebut Patung Pizza Man atau Patung Laki-laki bawa obor. Patung ini dibangun sebagai penghargaan untuk pemuda dan pemudi dalam keikutsertaannya pada pembangunan Indonesia.
Patung ini dilambangkan dengan seorang pemuda gagah dan kuat yang sedang memegang piring berisi api yang tak pernah padam sebagai perwujudan semangat pembangunan yang tak pernah mati.

5. Patung Pahlawan

Patung Pahlawan atau akrab disebut patung tugu tani merupakan Patung pemberian hadiah dari pemerintah Uni Soviet ketika masih ada, sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan Indonesia, yang dilambangkan dengan seorang laki-laki yang memakai caping (topi pak tani) menyandang senapan dan sedang meminta restu pada wanita yang ada di sisinya untuk maju ke medan perang. Disebabkan karena topi capingnya itulah, maka orang-orang biasa menyebut patung ini dengan sebutan patung Pak Tani. Pada patung juga ini ditempelkan plakat yang berbunyi voetstuk yang berarti “bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar”. (Fariz)

Berikan Komentar: