Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Batu Solor: Stonehenge nya Indonesia

admin Saturday, 26 Nov 2016 | 11:50 WIB 2 512 Views
Batu Solor: Stonehenge nya Indonesia

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Kepopuleran situs megalitikum Stonehenge di Inggris sudah sangat mendunia. Anak Muda tidak perlu jauh jauh pergi ke Inggris untuk melihat Stonehenge, situs megalitikum yang terkenal luas akan keindahannya yang luar biasa. Di Indonesia, kita bisa menemukan yang serupa dengan Stonehenge hanya dengan mengunjungi kota Bondowoso, Jawa Timur.

Disana menyimpan sebuah potensi wisata yang cukup luar biasa. Sebuah batu besar dan tersusun rapi, masih berdiri tegak di tengah perbukitan yang masih terjaga secara alamiah, di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Batu solor bisa dibilang cukup unik, hampir sama dengan sebuah situs warisan dunia yakni Stonehenge di Salisbury Plain, Wilshire, Inggris.
Tidak seperti replika Stonehenge buatan manusia misalnya Carhenge dan Foamhenge yang dibuat oleh Amerika, Batu Solor merupakan tumpukan batu besar yang menjulang tinggi layaknya Stonehenge yang ada di Salisbury Palin, Wilshire, Inggris. Selain terkenal dengan nama Batu Solor, situs ini juga dikenal dengan nama Batoh So’on yang artinya “batu bersusun” dalam Bahasa Madura.

Batu batu yang ada di situs ini tersusun menjulang ke atas dan tersebar di berbagai tempat, serta pada bagian ujungnya ditumbuhi rumput dan semak semak. Hal inilah yang membedakannya dengan Stonehenge. Selain itu, tidak hanya batu batu bersusun yang akan ditemukan ketika mengunjungi Batu Solor, sebab banyak sekali peninggalan sejarah lainnya seperti menhir dan pahatan pada dinding dinding batu tersebut.

Tidak ada yang tahu dan belum adanya penjelasan ilmiah tentang bagaimana batu batu besar tersebut tersusun secara presisi dan membentuk pola yang menakjubkan. Banyak yang spekulasi bermunculan bahwa Batu Solor merupakan peninggalan zaman megalitikum, namun belum ada bukti resmi yang menyatakan akan hal tersebut. Tidak ada sejarah yang menjelaskan secara mendetail tentang situs ini, namun berdasarkan cerita masyarakat setempat, batu ini merupakan tempat Raja Blambangan yang pertama.

Untuk menuju lokasi batu solor bisa dibilang tidaklah mudah, diperlukan upaya cukup keras. Sebab, akses jalan menuju ke wisata alam batu solor rusak parah. Selain melewati pemukiman warga, kita juga akan melewati perbukitan, serta persawahan yang bermedan sulit ketika musim hujan. Namun tak perlu khawatir, karena semuanya akan terlunasi ketika tiba di lokasi batu solor. Jarak tempuh dari kawasan kota Bondowoso cukup jauh, diperlukan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk kendaraan.

Selain itu, tak semua kendaraan bisa melewati jalan menuju lokasi. Kendaraan harus dalam kondisi prima dan memiliki high cleareance tinggi, sebab jalannya cukup terjal dan penuh bebatuan. Meski begitu, akhir akhir ini rute menuju ke situs ‘kembaran’ Stonhenge itu sudah mulai mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso. Sejumlah jalan menuju Batu Solor mulai diperbaiki agar membuat para wisatawan yang hendak berkunjung merasa nyaman, sebab Batu Solor memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah tempat wisata yang akan banyak diminati orang.

Eksotismenya sebagai situs batu susun yang mirip dengan Stonehenge akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Jadi, mengapa kita pergi jauh jauh untuk melihat Stonehenge di Inggris jika di Indonesia juga punya Batu Solor yang tak kalah eksotis. Yuk Anak Muda ke Batu Solor di Bondowoso! (Fariz)

line at radio pemuda fm

2 Komentar »

  1. Kado Sahabat Monday, 5 Dec 2016 | 9:07 WIB at 9:07 WIB - Reply

    Bondowoso lebih tepatnya dimana ya mas?

  2. Jual Tas Rajut Friday, 9 Dec 2016 | 8:18 WIB at 8:18 WIB - Reply

    gokil nih, stonehenge nya Indonesia, kapan ya bisa kesana

Berikan Komentar: