Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenal Saluang dan Gandang Tabuik, Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

admin Selasa, 15 Sep 2015 | 16:29 WIB 7 2134 Views
Mengenal Saluang dan Gandang Tabuik, Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

PEMUDAFM.COM – Diantara sejumlah alat musik tradisional yang ada di Indonesia, Sumatera Barat memiliki beberapa alat musik yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia. Alat musik di daerah ini sangat dipengaruhi oleh Nuansa Minangkabau, hal tersebut disebabkan karena nuansa musik minang sangat enak didengarkan walaupun diracik dengan alat musik modern saat ini. Sehingga alat musik tradisional Sumatera Barat sepertinya akan terus terjaga walaupun muncul berbagai teknologi alat musik modern.

Salah satu alat musik asal Sumatera Barat yaitu Saluang. Saluang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari Bambu Talang. Saluang memiliki diameter sekitar 3-4cm, panjangnya 40-60cm dan hanya memiliki 4 lubang. Alat musik tradisional Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup. Keunikan dari Saluang ini adalah bahwa peniup Saluang akan dapat memainkan Saluang tanpa henti dari awal sampai akhir lagu.

Hal ini dimungkinkan karena peniup Saluang memiliki teknik mampasalisiahan Hangok (menyisihkan napas) yaitu teknik pernapasan dalam meniup Saluang. Di Ranah Minang, Saluang biasanya tidak hanya terdengar sendiri. Alat musik yang terbuat dari seruas buluh ini, menjadi pengiring dendang pantun. Pantun yang dilantunkan, biasanya berisi sindiran, ratapan, nasehat, ataupun gurauan. Biasanya kalau Saluang di tiup tanpa di iringi nyanyian di tujukan untuk pengobatan dan kebathinan. Ini melambangkan kebersamaan demokrasi di Ranah Alam Minangkabau dalam filsafat “Duduak Surang basampik sampik, duduak basamo balapang lapang”.

Selain Saluang, alat musik lainnya yang terdapat di Sumatera Barat adalah Gandang Tabuik. Alat musik yang berbentuk bangunan bertingkat tiga ini terbuat dari kayu, rotan, dan bambu dengan tinggi mencapai 10 meter dan berat sekitar 500 kilogram. Bagian bawah Tabuik berbentuk badan seekor kuda besar bersayap lebar dan berkepala โ€œwanitaโ€ cantik berjilbab. Kuda gemuk itu dibuat dari rotan dan bambu dengan dilapisi kain beludru halus warna hitam dan pada empat kakinya terdapat gambar kalajengking menghadap ke atas.

Dari beberapa alat musik tradisional yang ada di Sumatera Barat, mungkin Gandang Tabuik inilah yang paling fenomenal dan paling unik. Karena alat musik ini dibuat dengan dana hingga puluhan juta rupiah untuk membuat satu Gandang Tabuik saja. Alat musik ini dibuat tingginya mencapai 10 meter dengan berat 500 kg. Yang lebih uniknya lagi adalah bagian bawahnya dibentuk menyerupai kuda bersayap, tapi dengan kepala wanita yang kelihatan mengenak jilbab. Di bagian kakinya dibuat gambar kalajengking yang melihat ke atas. Gandang Tabuik ini dibuat dari bahan bambu yang dipadu dengan rotan dan kain beludru yang biasanya berwarna hitam. Bagian atasnya terdapat payung dan patung burung merpati. Cara memainkan Gandang Tabuik ini biasanya diangkat beramai-ramai oleh 50 orang. Untuk mengangkatnya maka dibuatkan 4 buah balok bersilang dengan panjang sekitar 10 meter di bagian bawah Gandang Tabuik ini. Bisa dikatakan alat musik tradisional Sumatera Barat ini paling unik.

Selain kedua alat musik Saluang dan Gandang Tabuik, masih terdapat beberapa alat musik yang berasal dari Sumatera Barat. Keberadaan alat-alat musik tradisional tersebut haruslah terus dijaga dan dilestarikan sehingga dapat terus mewarnai keanekaragaman budaya di Indonesia. (Risky)








—–
Artikel ini merupakan ulasan dari program BATIK – Bicara Asik Seputar Musik, yang tayang setiap jam 19.00 sampai 21.00 WIB di Radio Pemuda FM.

Sumber gambar disini.

7 Komentar »

  1. Pakde Cholik Rabu, 14 Okt 2015 | 17:20 WIB at 17:20 WIB - Reply

    Sauya sering melihat orang memainkan saluang di televisi
    Meliuk-liuk merdu sekali
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Jombang

  2. Achmad Fazri Jumat, 16 Okt 2015 | 14:48 WIB at 14:48 WIB - Reply

    Alat musik tradisional yang menarik, saluang seperti suling, sama sama di tiup tapi sangat panjang sekali… gandang tabuik besar banget, ternyata memakan dana yang lumayan besar untuk membuatnya…

  3. spekgame Minggu, 18 Okt 2015 | 8:46 WIB at 8:46 WIB - Reply

    belum pernah liat yang aslinya sih.. tapi kayanya menarik kalau saya bisa main alat musik itu ๐Ÿ˜€

  4. Rullah Senin, 19 Okt 2015 | 8:55 WIB at 8:55 WIB - Reply

    Mirip Seruling ๐Ÿ™‚

  5. ilmudes Senin, 26 Okt 2015 | 16:17 WIB at 16:17 WIB - Reply

    jadi penasaran saya, ada yang tinggi bgt, gimana maininnya ya?

  6. riyan Selasa, 3 Nov 2015 | 11:28 WIB at 11:28 WIB - Reply

    para peniup suling itu hangoknya panjang benar. bagaimana mungkin dia bisa meniup saluang hampir tanpa berhenti ๐Ÿ™‚

  7. bersapedahan Selasa, 3 Nov 2015 | 14:28 WIB at 14:28 WIB - Reply

    waktu ke padang saya pernah mendengar saluang ini …
    tapi gandang tabuik saya belum pernah melihatnya .. jadi penasaran …

Berikan Komentar: