Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Bengawan Solo, Lagu Tradisional Indonesia yang Mendunia

admin Tuesday, 6 Mar 2018 | 18:51 WIB 0 39 Views
Bengawan Solo, Lagu Tradisional Indonesia yang Mendunia

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Anak Muda pasti tahu banget sama lagu Tradisional yang hits sepanjang masa dari Indonesia ini. Tapi belum banyak dari kita yang tau bahwa lagu ciptaan Gesang ini cukup laris loh di Mancanegara.

Lagu berjudul Bengawan Solo ini muncul pada masa penjajahan Kemerdekaan Indonesia alhasil bukan hanya Masyarakat Indonesia yang mendengarkan lagu ini, melainkan para tentara penjajah seperti Belanda dan Jepang juga ikut mendengarkan hingga akhirnya menyukai dan jatuh hati kepada lagu ini. Hal inilah salah satu yang membawa lagu bengawan solo ini masuk ke kancah mancanegara

General Manager Penerbit Musik Karya Pertiwi (PMP) Andi Hutadjulu dalam wawancaranya dengan Vivanews di Solo tahun 2010 lalu menyebutkan bahwa jumlah royalti Lagu Bengawan Solo yang masuk dari luar negeri mencapai Rp. 30 Juta dalam satu periode januari 2009 hingga juni 2009.

“Sebenarnya data pemasukan royalti sampai dengan akhir Desember tahun lalu (2009) sudah masuk semua. Hanya saja kami masih harus melakukan kroscek data sehingga belum bisa saya informasikan. Ya, jumlahnya dengan periode pertama tidak jauh beda,” ujarnya kepada VIVAnews di Solo. Senin, 18 Januari 2010.

Andi juga mengungkapkan di kawasan Asia lagu ini sangat di gemari di negara Jepang, Malaysia, Singapura, Hongkong dan China untuk dikawasan Eropa dan Amerika lagu ini sangat laku di negara Belanda, Suriname dan Meksiko. Dari beberapa negara tersebut. Jepang adalah yang paling besar mendatangkan royalti mencapai 35 persen kemudian disusul Malaysia, Singapura, Hongkong dan China.

Atas jasanya membuat musik Keroncong mendunia melalui lagu Bengawan Solo, Pada tahun 1983 pemerintah membuat Taman Gesang yang pembangunannya didanai oleh Perhimpunan Dana Gesang, sebuah lembaga yang didirikan para penggemar Gesang untuk di Jepang. di Taman Gesang terdapat patung Gesang berserta partitur lagu Bengawan Solo.

Wahh Anak Muda, ternyata dengan lirik yang sederhana tentang Aliran Sungai Bengawan Solo dikampung halamannya ini Musisi yang bernama lengkap Gesang Martohartono ini bisa membuat kita sebagai warga Indonesia bangga, bahwa karyanya bisa sampai ke mancanegara. Kalau kalian search di Youtube lagu Bengawan Solo ini sudah dicover oleh banyak musisi dari dalam maupun luar Negeri. (Resti)

Foto: Tourismindonesia.com

Berikan Komentar: