Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Tempoyak, Kuliner Khas yang Lezat dan Kaya Rasa

admin Tuesday, 11 Apr 2017 | 12:10 WIB 0 138 Views


PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Tempoyak? Apa si itu tempoyak? Mungkin bagi kalian yang berasal dari daerah Sumatera atau Kalimantan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tempoyak. Tempoyak sendiri menurut KBBI adalah daging durian yang digarami dan diasamkan, jadi tempoyak adalah salah satu jenis olahan lain dari durian yang berbentuk fermentasi. Fermentasi itu merupakan proses pengubahan gula menjadi berbagai produk lain yang sifatnya anaerobic, membutuhkan sedikit oksigen atau bahkan tidak membutuhkan oksigen yang terjadi di dalam tubuh umumnya dalam sel suatu organisme. Hal itu dilakukan agar durian tidak terbuang sia-sia, lebih banyak manfaatnya, dan lebih tahan lama ketika sudah di fermentasi. Bagi kalian pecinta durian tempoyak bisa menjadi menu baru dan cara baru kalian untuk berekpresi dengan olahan durian.

Tempoyak terkenal di Indonesia, terutama di Jambi, Palembang, Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Kalimantan. Tempoyak sendiri diriwayatkan oleh Hikayat Abdullah merupakan makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganu sekitar tahun 1836, ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak. Jadi, berdasarkan sejarah tempoyak merupakan  makanan khas rumpun bangsa melayu yang berada di Sumatera dan Kalimantan.

Citarasa dari tempoyak adalah asam karena  terjadinya proses fermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikosumsi sebagai lauk saat menyantap nasi,  tempoyak juga sering digunakan sebagai bahan makanan, bisa dikonsumsi secara langsung (hal ini jarang sekali dilakukan) karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma tempoyak itu sendiri. Biasanya tempoyak diolah kembali menjadi sambal tempoyak, gulai tempoyak ikan tenggiri, sambal tempoyak udang petai, pepes tempoyak ikan patin, gulai tempoyak ikan pantin, ayam masak tempoyak, sambal tempoyak ikan bilis, ikan bakar tempoyak, daun singkong masak tempoyak, ikan betutu masak tempoyak,, tempoyak jantung pisang, dan pepes ikan mas tempoyak. Itulah sebagian dari menu olahan tempoyak, silahkan pilih sesuai selera kalian masing-masing.

Tempoyak juga mempunyai keuntungan bagi suatu daerah, kerena tempoyak merupakan makanan khas, maka tempoyak sering dijadikan buah tangan oleh masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal pembuat tempoyak.

Cara membuat tempoyak

  1. Siapkan daging buah durian, lebih baik menggunakan durian lokal karena tidak terlalu banyak gas dan air dibandingkan durian montong.
  1. Pilih durian yang sudah masak (biasanya yang sudah nampak berair) . Pisahkan daging dari biji lalu beri sedikit garam dan bisa ditambah sedikit cabai rawit untuk mempercepat proses fermentasi.
  1. Simpan dalam tempat yang tertutup rapat. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas tetapi bukan bagian freezernya, karena fermentasi akan berjalan lebih lambat
  1. Tempoyak yang sudah disimpan selama 3-5 hari sudah cocok untuk dibuat sambal yang mempunyai rasa masam namun diserati sedikit rasa manis.

So tunggu apalagi, buat kalian semua yang udah penasaran banget gimana rasanya tempoyak bisa langsung coba membuatnya di rumah, buat yang tadinya tidak suka dengan durian coba deh makan olahan tempoyak yang dah jadi, siapa tahu bisa bikin kalian jadi suka sama buah durian. Lalu bagaimana caranya membuat olahan aneka tempoyak yang diatas tadi , bisa di cari aja ya di mbah gugel hehehe. Buat yang tidak mau repot bisa langsung di cari aja tuh, dimana tempat makan yang udah nyediain makanan olahan dari tempoyak. Selamat mencoba guys!! (Jesy)

Berikan Komentar: