Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Sensasi Pedas Sedap Nikmat Si Sambal Tuktuk

admin Monday, 19 Feb 2018 | 13:30 WIB 0 23 Views
Sensasi Pedas Sedap Nikmat Si Sambal Tuktuk

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Sambal. Si pelengkap hidangan utama yang satu ini pasti udah nggak asing lagi keberadaaanya dengan kita apalagi buat para anak muda yang suka banget sama sambal atau makanan pedas. Di Indonesia sendiri ada lebih dari 30 jenis sambal lho! Banyak banget kan? Jadi nggak heran jika kebanyakan orang Indonesia harus makan ditemani dengan sambal.

Dari sekian banyak jenis sambal, ada satu sambal dari Sumatera Utara yang bisa dibilang unik karena namanya serta bahan dan proses pembuatannya tidak sama dengan sambal-sambal lainnya. Sambal ini biasa disebut “Sambal Tuktuk” yang berarti ditumbuk.

Sambal Tuktuk ini merupakan makanan khas tradisional Batak Toba yang berasal dari Tapanuli. Biasanya tanpa laukpun orang-orang Tapanuli cukup menikmati sambal tersebut hanya dengan nasi hangat lho anak muda. Kebayang kan sedapnya sambal yang satu ini?

Untuk membuatnya nggak ribet. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal tuktuk terdiri dari ikan aso-aso, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah, sedikit garam, dan andaliman. Bahan-bahan tersebut diulek kasar kemudian ikan aso-aso ditumbuk hingga remuk. Setelah itu agar kesegaran

rasanya semakin mantap, sambal yang sudah selesai ditumbuk dikucuri dengan air jeruk limau atau jeruk nipis. Sebagai pelengkap, sambal tuktuk ini dinikmati bersama-sama dengan ‘Bolgang’ yaitu rebusan beragam sayuran seperti kacang panjang, terong, atau daun singkong

Yang menarik dari sambal ini tentu saja keberadaan bahan utamanya, yaitu Ikan Aso-aso atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ikan kering. Rasa dari ikan kering ini pun lebih cenderung tawar dan tidak asin sehingga lebih terasa renyah dan alami dan membuatnya sangat cocok ketika dipadukan dengan tumbukan sambal tadi.

Biasanya kalau Ikan aso-aso tidak ada, kita dapat menggantinya dengan ikan lain seperti ikan teri, ikan lele yang dibakar atau jenis ikan kering lainnya. Tapi sayangnya menurut sebagian besar orang cita rasanya tidak akan seenak dan semantap ketika menggunakan ikan aso-aso.

Nah, gimana anak muda? Ternyata jenis sambal di Indonesia banyak banget ya! Nggak Cuma sambal terasi, sambal matah atau jenis sambal terkenal lainnya. Ternyata di tiap-tiap daerah masih banyak lagi jenis sambal yang ada dan rasanya nggak kalah nikmat juga dengan sambal yang lainnya seperti sambal tuktuk ini.

Jadi buat kamu anak muda pecinta sambal dan pecinta pedas, yuk mulai keliling Indonesia supaya kamu semakin cinta kuliner Indonesia dan pastinya semakin Suka Indonesia. (Janet)

Foto: Detik.com

Berikan Komentar: