Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Sensasi Pedas Sambal Matah Khas Pulau Dewata Bali

admin Friday, 2 Mar 2018 | 13:33 WIB 0 39 Views
Sensasi Pedas Sambal Matah Khas Pulau Dewata Bali

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Masyarakat Indonesia pasti suka dengan sambal. Sambal sudah menjadi bagian pelengkap di saat kita makan. Anak Muda juga pasti suka sambal kan? Dari Sabang sampai Merauke pasti punya jenis dan bahan sambal yang berbeda. Orang Indonesia pasti tidak lengkap jika makan tanpa sambal. Begitu banyak dan lezatnya rasa sambal khas nusantara membuat para turis mancanegara menyukai sambal dari Indonesia.

Tapi tahukah kamu, sambal khas pulau dewata Bali yang menjadi primadona para turis mancanegara? Be Pasih mesambal matah itu adalah bahasa Bali yang artinya ikan laut sambal mentah. Makanan ini mempunyai bahan baku ikan laut segar yang dibaluri bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, dan garam. Setelah bumbu ikan meresap, lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa. Dibakar dengan tradisional agar rasa dan aromanya meresap hingga ke dalam lalu dimakan bersama sambah matah.

Sambal matah adalah salah satu sambal mentah. Walaupun begitu tidak mengurangi kelezatannya, namun menambah tekstur dan cita rasa yang dimiliki sambal matah. Renyah saat dimakan dan pas jika berdampingan dengan dengan ikan laut panggang dan nasi panas karena bahan yang dijadikan sambal hanya dirajang atau diiris halus. Adapun bahan sambalnya terdiri dari bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas dan diaduk agar lebih menyatu. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk nipis agar rasa sambal khas Bali ini lebih segar, pedas dan gurih.

Saat kamu berlibur ke Bali, pasti akan menemukan banyak sekali restoran yang menyajikan sambal matah ini yang berada di pinggiran pantai Jimbaran (Kuta), pantai Sanur (Denpasar), dan pantai Lebih (Gianyar). Biasanya restoran ini menyajikan makanan laut segar dengan sambal yang menjadi rekomendasi adalah sambal matah. Biasanya makanan khas di saat berlibur di Bali ini dimakan dengan nasi, plecing kangkung, dan daun kemangi.

Namun ayam betutu yang lezat juga merupakan salah satu makanan khas Bali. Sering sekali kita temui ayam betutu ini selalu didampingi dengan sepiring kecil sambal matah yang segar meskipun bumbu pada ayam betutu sudah bisa membuat lidah terasa panas dengan kepedasannya yang lezat.

Bagi kamu yang belum punya waktu untuk berkunjung ke Bali tapi ingin mencoba sambal matah khas Bali, kamu bisa coba bikin di rumah kamu. Tapi sekarang sambal matah bisa kamu temui di berbagai makanan yang dijual di berbagai gerai di beberapa daerah di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. Bahkan karena banyak peminatnya, sekarang sambal matah tersedia dalam bentuk mie instan. Jangan bosan berwisata kuliner Indonesia supaya kamu makin Suka Indonesia. (Janet)

Foto: Bali.panduanwisata.id

Berikan Komentar: