Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Sensasi Nikmat Sajian Ikan Lezat “Na Tinombur” Khas Tanah Batak

admin Monday, 16 Apr 2018 | 13:16 WIB 0 1 Views
Sensasi Nikmat Sajian Ikan Lezat “Na Tinombur” Khas Tanah Batak

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Anak Muda, kekayaan kuliner khas Tanah batak seakan tak ada habisnya. Bayangkan saja, dalam satu wilayah Sumatera Utara begitu banyak sajian unik dan khas yang dimiliki oleh masing-masing suku dan wilayah bagiannya dan masing-masing memiliki keunikannya sendiri salah satunya sajian ikan yang biasa disebut Na Tinombur.

Kata dasar Na Tinombur adalah tombur yang secara harafiah tombur adalah basah atau berair. Bentuk kata kerja dari tombur adalah manombur, artinya membasahi atau mengairi. Kata ini bisa digunakan untuk banyak konteks, termasuk konteks makanan. Oleh karena itu, manombur dalam konteks kuliner dapat diartikan sebagai makanan berkuah.

Konon katanya Na Tinombur ini adalah makanan para nelayan di Danau Toba yang pergi ke danau mencari ikan dengan solu (sampan). Dari rumah mereka sudah menyiapkan bumbu-bumbu dan ketika istirahat di tepi pantai, si nelayan tinggal membakar ikan, lalu menyiramkan bumbu tersebut ke dalam ikan atau sebaliknya, memasukkan ikan itu ke kuah bumbu. Tradisi itu terus awet hingga zaman modern dan bertahan hingga saat ini karena cita rasanya yang menggiurkan.

Untuk proses pembuatannya, biasanya digunakan ikan mujair (jika tidak ada bisa diganti ikan lele dan ikan nila). Ikan tersebut kemudian dibersihkan lalu dilumuri air jeruk nipis dan ditaburi sedikit garam dan didiamkan. Tujuannya adalah agar bau amis dari ikan hilang. Setelah meresap, ikan dipanggang hingga matang.

Untuk pembuatan bumbunya terdiri dari bawang merah, kemiri, jahe yang dibakar, lalu cabai rawit, andaliman, jeruk nipis, dan garam secukupnya. Semua bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus hingga berbentuk menyerupai sambal kemudian dibasahi dengan air panas. Ikan yang sudah dibakar tadi kemudian dilumatkan (atau dipenyetkan, seperti membuat ayam penyet) dan dimasukkan ke dalam kuah bumbu tadi dan Na Tinombur siap untuk dihidangkan.

Untuk rasa nggak perlu diragukan lagi Anak Muda. Rasa pedas yang nikmat dan getaran dari andaliman berpadu dengan bumbu-bumbu yang sedap dijamin bakal bikin kalian ketagihan, khususnya buat yang menyukai makanan pedas.

Terlepas dari rasanya yang lezat, hidangan ini tetap bertahan sampai sekarang tentu karena masih banyak orang yang menjaga dan melestarikannya. Jadi buat kamu Anak Muda, cara membuktikan bahwa kamu SUKA INDONESIA nggak susah kok. Mulailah dari hal kecil seperti mencintai kuliner tradisional Indonesia. Karena ketika kamu sudah jatuh cinta dengan cita rasa khas Indonesia, kamu bakal makin Suka Indonesia. (Janet)

Foto: Tutoba.com

Berikan Komentar: