Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Sensasi Minum Kopi Terbalik ala Aceh

admin Monday, 22 Aug 2016 | 14:11 WIB 5 749 Views
Sensasi Minum Kopi Terbalik ala Aceh

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Menyeruput kopi yang diseduh dalam cangkir atau gelas sudah biasa. Namun di Aceh, ada cara unik dalam menyajikan kopinya. Di sana, cangkir atau gelas kopinya justru disajikan terbalik. Kopi ini dinamakan Kopi Khop.
Sejak lama Aceh dikenal dengan kopinya yang khas. Tak heran jika berwisata ke ujung barat Indonesia ini, umumnya kopi menjadi salah satu pilihan oleh-oleh untuk para pelancong dalam maupun luar negeri.Dari sekian banyak varian kopi Aceh yang kerap menjadi buruan adalah Kopi Khop.

Kopi khop atau dikenal juga dengan nama kopi tubruk berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Cara penyajian kopi tersebut terilhami dari model topi yang menjadi simbol pahlawan nasional yang berasal dari daerah setempat yaitu Teuku Umar. Penyajian kopi itu telah ada sejak zaman penjajah atau pada saat Teuku Umar bergerilya dan berperang.

Kopi yang digunakan adalah jenis kopi robusta yang digiling kasar kemudian diseduh. Bukan seperti arabika yang diminum tanpa campuran apapun, kopi khop ini biasanya disajikan dengan tambahan gula atau susu kental manis. Kopi khop atau kopi terbalik menggunakan gelas yang diposisikan terbalik di atas piring kecil. Sebuah sedotan akan membantu kita untuk menyesap tetes-tetes kenikmatan dari celah gelas.

Meskipun tidak disaring sama sekali seperti umumnya ampas biji kopi tidak akan terminum karena posisinya mengapung di atas gelas. teknik menyeduh dan minum kopi ini merupakan tradisi minum kopi khas dari Meulaboh yang kemudian diperkenalkan ke Aceh Besar. Di daerah tempatnya berasal, kedai-kedai kopi berjejer di pinggir pantai, sehingga agar tetap hangat saat dinikmati kopi sengaja disajikan dalam cangkir dengan posisi terbalik. Selain agar bebas dari debu dan tetap nikmat saat diminum, penyajian kopi dengan cara tersebut juga mempengaruhi citarasa yang ditawarkan. (Fariz)

line at radio pemuda fm

5 Komentar »

  1. rametech Saturday, 27 Aug 2016 | 15:37 WIB at 15:37 WIB - Reply

    Wah, saya kalo masih panas kadang juga di balik gelasnya, biat nggak terlalu panas

    • admin Sunday, 13 Nov 2016 | 9:09 WIB at 9:09 WIB - Reply

      Enak mas, seruput kopi panas-panas itu jos ?

  2. Kang Purwa Thursday, 20 Oct 2016 | 10:13 WIB at 10:13 WIB - Reply

    hahah unik banget emang, aku pas beli kok kayak takut gitu, taku tumpah pas mau minum wkwkwk

  3. Disiniaja Sunday, 13 Nov 2016 | 9:05 WIB at 9:05 WIB - Reply

    wkwk, gokil banget gan.. asli aku baru tahu ada yang kek begini. kalau diterapin di warkop tempat saya kyknya bagus nih.

    trims infonya bro.
    aku mau coba terapin dah,

    • admin Sunday, 13 Nov 2016 | 9:06 WIB at 9:06 WIB - Reply

      Hahaha silahkan di terapin om ?

Berikan Komentar: