Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenal Pali-pali, Makanan Sederhana Kesukaan Para Sultan di Ternate

admin Thursday, 11 Jan 2018 | 14:52 WIB 0 8 Views
Mengenal Pali-pali, Makanan Sederhana Kesukaan Para Sultan di Ternate

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Pali-pali merupakan makanan sejenis lontong berbentuk lonjong yang dikemas dalam anyaman seperti ketupat. Meskipun makanan ini terlihat sederhana tapi makanan ini adalah makanan kesukaan para sultan di Ternate. Bahkan pali-pali hanya akan dibuat saat ada acara kesultanan saja.

Walaupun bentuknya mirip seperti lontong tapi cara pembuatannya lebih mirip seperti membuat ketupat. Bahan beras dimasukkan ke dalam anyaman daun lontar tanpa dicampur bahan yang lain, lalu pali pali akan dibentuk lonjong memanjang. Dalam membuat makanan para sultan ini memerlukan waktu 1,5 jam.

Bukan hanya anyamannya yang menarik tetapi rasa dari pali-pali ini bisa dibilang unik karena rasa yang muncul dari beras yang sudah dikukus tercampur dengan pembungkusnya, yaitu daun lontar. Maka rasa yang dihasilkan akan berbeda dari lontong pada umumnya.

Pada umumnya pali-pali dinikmati dengan dimakan begitu saja karena sudah mengasilkan rasa yang unik dan nikmat, namun rasa kenikmatan itu akan lebih terasa lagi apabila didampingi dengan makanan makanan lainnya seperti Gohu Ikan atau makanan makana khas Ternate lainnya.

Makanan kesukaan para sultan ternate ini tentu saja tidak boleh sembarang orang dapat embuat makanan ini. Bagi masyarakat Ternate, pali-pali ini adalah makanan sakral yang kemunculannya selalu ditunggu pada saat acara-acara khusus kesultanan.saja. selain itu untuk dapat membuat pali-pali, seseorang diharuskan mendapatkan restu dari keluarga kesultanan yang biasanya hanya berlaku turun temurun.

Memang makanan ini terlihat sederhana, tetapi siapa sangka jika di balik kesederhanaannya ini pali-pali ternyata makanan yang berkelas tinggi. Pali-pali yang merupakan salah satu kuliner saklar dan kebanggaan bagi masyarakat Ternate. Jadi Sudah sepatutnya nilai ini kita jaga bersama dan juga dilestarikan, mengingat semakin maraknya akan pengaruh kuliner instan dan juga modern yang membahayakan kelestarian makanan khas seperti Pali-pali ini. (Fariz)

Berikan Komentar: