Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenal Kelepon si Kecil Manis Teman Asik Minum Teh

admin Monday, 26 Mar 2018 | 9:16 WIB 0 39 Views
Mengenal Kelepon si Kecil Manis Teman Asik Minum Teh

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Jajanan tradisional Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi rasanya Anak Muda, salah satunya Kelepon, makanan ringan berwarna hijau yang gurih kulitnya karena ditaburi kelapa parut dan manis saat di gigit ini sangatlah terkenal dari berbagai kalangan.

Bahan dasar kue klepon antara lain tepung ketan putih, sagu, gula merah dan tidak lupa juga kelapa parut. Bahan inilah yang menjadi ciri khas dari klepon, kemudian diolah dengan cara direbus.

Yang menjadi keseruan saat memakan kelepon ini adalah sensasi hangat yang mucul dari gula merah jawa yang ada didalam kelepon saat kita gigit. Tapi jangan saat baru matang langsung di gigit ya Anak Muda karena bisa jadi panas banget, jadi baiknya ditunggu beberapa menit baru disantap.

Dulu mungkin akan sangat mudah untuk kita menemukan makanan yang satu ini tapi sekarang kita hanya bisa menemukannya di beberapa tempat seperti pasar tradisional, pasar pagi atau pada saat festival-festival makanan tradisional Indonesia.

Untuk Anak Muda yang kesulitan mencari kelepon. Mungkin bisa coba untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena, bahan-bahannya terbilang mudah dan proses pembuatannya juga mudah. Yuk langsung aja kita lihat resep yang dikutip dari beritagar.id :

Bahan kulit

1. 200 gram tepung ketan putih

2. 25 gram tepung sagu

3. 1 sendok teh air kapur sirih

4. 175 ml air hangat

5. 10 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)

6. 10 ml santan dari 1/4 butir kelapa

7. 80 gram gula merah, disisir halus untuk isi

Bahan taburan

1. 150 gram kelapa parut kasar

2. 2 lembar daun pandan

3. 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat

1. Taburan: aduk rata bahan taburan. Kukus 20 menit sampai matang. Sisihkan.

2. Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, dan air kapur sirih. Masukkan air hangat sedikit – sedikit sambil diaduk sampai kalis. Bagi dua adonan.

3. Satu bagian tambahkan air suji. Aduk rata. Sisanya tambahkan santan. Aduk rata.

4. Ambil sedikit adonan hijau dan adonan putih. Pipihkan bersebelahan. Beri isi yaitu gula merah yang sudah dihaluskan. Bentuk bulat.

5. Didihkan air. Masukkan bola-bola. Rebus sampai terapung.

6. Gulingkan ke bahan taburan

Nah kalau sudah selesai membuatnya, jangan lupa ditemani oleh Teh untuk menambah citarasa Kelepon agar lebih nikmat. Selamat mencoba anak muda. (Resti)

Berikan Komentar: