Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mengenal Brem, Snack Asal Indonesia Yang Kaya Manfaat

admin Jumat, 12 Mei 2017 | 11:19 WIB 1 103 Views


PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Bagi sebagian orang Indonesia, camilan brem masih terdengar asing di telinga. Namun, tidak halnya bagi Anak Muda yang sering mengunjungi daerah Jawa Timur. Brem merupakan jajanan kecil yang umumnya menjadi buah tangan saat Anak Muda berkunjung ke daerah Madiun atau Wonogiri. Bali juga mengenal brem, tetapi bukan sebagai jajanan, melainkan sebagai minuman. Namun, bisa dibilang brem yang paling terkenal adalah brem Madiun yang berwarna putih kekuningan, berbentuk balok, dan memiliki rasa asam manis.

Brem ini merupakan makanan khas yang sangat unik. Yang menjadi ciri khas dari makanan satu ini adalah teksturnya yang padat dan kering, namun terasa mudah hancur di mulut saat kita memakannya. Selain itu rasa manis dengan sedikit rasa asam yang khas tentu memberikan cita rasa tersendiri pada makanan satu ini.

Brem ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit keasaman yang sangat khas. Selain itu yang menjadi keunikan dari Brem ini adalah walau merupakan makanan kering, namun saat kita memakannya akan terasa seperti mencair di mulut dan meninggalkan rasa dingin di lidah kita. Sehingga akan menimbulkan sensasi tersendiri saat menikmati makanan satu ini.

Proses pengolahan Brem cukup rumit karena diolah dengan beberapa tahapan sehingga membutuhkan telatenan dalam membuatnya. Pertama, beras ketan dimasak hingga matang. Setelah itu didinginkan dengan cara diangin-anginkan, kemudian di beri ragi tape dan didiamkan selama beberapa hari hingga menjadi tape ketan.

Setelah menjadi tape ketan, kemudian diambil air atau sari tapenya dengan cara diperas menggunakan alat khusus, lalu sari tape tersebut dimasak lagi dan diberi perasa atau aroma buatan sambil diaduk rata. Setelah matang kemudian dicetak menggunakan cetakan balok besar dan didinginkan hingga menjadi Brem. Pada tahap akhir Brem tersebut dipotong-potong sesuai ukuran dan dikemas.

Meskipun banyak yang kurang menyukai brem karena memiliki kandungan alkohol, penganan ini sendiri memiliki beberapa manfaat. Kadar alkohol rendah pada brem dapat menaikkan kadar hormon yang diyakini dapat membantu arteri darah. Berdasarkan penelitian dari Lembaga Riset Nutrisi dan Makanan di Belanda, mengonsumsi alkohol tidak secara berlebihan dapat mengurangi risiko serangan jantung. Alkohol akan menurunkan kemungkinan penyumbatan aliran darah pada saluran arteri akibat peradangan, menurunkan asam lain dalam darah, dan pembekuan darah.

Alkohol juga dapat peredaran darah dalam tubuh. Brem juga bisa menjadi sumber tenaga karena mengandung gula yang manis. Saat tubuh Anda terasa lemah dan kurang berdaya maka sepotong brem akan membuat tenaga anda menjadi pulih kembali.

Selain melancarkan peredaran darah, brem ternyata juga bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan perawatan wajah. Konsumsi brem dalam jumlah yang wajar bisa membuat proses regenerasi sel kulit mati berjalan lebih cepat sehingga produksi sel sel kulit yang sehat akan mudah terbentuk. Masyarakat Madiun juga percaya bahwa brem dapat membuat kulit muka terasa halus dan menghilangkan jerawat. Tentunya cara pemakaiannya adalah dengan dimakan dan bukan ditaruh di muka ya Anak Muda
.
Jadi, kalau Anak Muda berkunjung ke Madiun, Anak Muda bisa mampir ke pusat oleh oleh untuk membawa sekotak brem untuk snack di rumah. Rasanya yang asam-asam manis dijamin akan membuat Anak Muda ketagihan dan menikmatinya di waktu luang. (Fariz)

line at radio pemuda fm

1 Komentar »

  1. Nofantoro Kamis, 18 Mei 2017 | 12:50 WIB at 12:50 WIB - Reply

    Wah deket ya ternyata di Madiun, kalo kehalalannya gimana mas? apakah sama seperti tape?
    Buat oleh-oleh waktu lebaran kayaknya enak,,

Berikan Komentar: