Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mencicipi Sate Kere, Harga Boleh Murah Tapi Rasa Sangat Istimewa

admin Friday, 12 Jan 2018 | 10:35 WIB 0 17 Views
Mencicipi Sate Kere, Harga Boleh Murah Tapi Rasa Sangat Istimewa

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Liburan kali ini kita wisata kuliner ke Solo yuk! Pemuda fm akan kasih tau makanan khas legendaris dari kota Solo yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Solo. Banyak sekali varian kuliner yang bisa kamu coba. Tapi makanan bersejarah yang satu ini harus kamu cicipi. Pak Jokowi saja pernah memesan kurang lebih 4000 porsi loh untuk pernikahan putrinya Kahiyang Ayu. Ya, kita akan ngebahas soal “Sate Kere”.

Di zaman dahulu, sate adalah salah satu makanan mewah yang hanya bisa disantap oleh orang-orang kalangan atas, seperti orang yang bekerja di pemerintahan dan orang kaya lainnya yang sederajat. Istilah kere yang di gunakan pada nama makan ini bertujuan untuk para gelandangan. Hal ini merupakan salah satu pencitraan terhadap kalangan bawah yang tidak mampu atau mungkin sayang untuk membeli setusuk sate. Atas alasan inilah para kalangan bawah melakukan intervensi.

Untuk menyesuaikan dengan keadaan, mereka pun membuat sate dengan bahan dasar jeroan sapi dan tempe gembus yang lebih murah dan terjangkau oleh kalangan bawah. Untuk bumbu, mereka menggunakan ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula merah, dan garam. Uniknya, sebelum dipanggang biasanya tempe gembus atau jeroan sapi ini di rebus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu tersebut yang sudah dihaluskan. Setelah direbus sate kemudian didinginkan sebentar sebelum dipanggang.

Penyanjian sate kere ini sama dengan sate pada umumnya yang di dalam satu porsi penyajiannya terdapat sate, lontong, dan disiram dengan saus kacang. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat kalangan bawah agar tetap dapat menikmati sate tapi dengan harga yang murah. Kemudian melahirkan kuliner baru di Solo yaitu sate kere (satenya orang miskin).

Keberadaan sate kere ini sendiri sebenarnya merupakan perwujudan dari perlawanan kalangan bawah terhadap kalangan atas (bangsawan) dalam budaya feodal yang zaman dahulu masih sangat kental dirasakan oleh masyarakat Jawa.

Hingga kini sate kere masih menjadi primadona kuliner di kota Solo dan seakan tak pernah kehilangan penikmat setianya. Selain karena harganya yang murah, nilai sejarah kuliner ini yang penuh cerita semakin membuat makanan ini tak akan pernah hilang ditelan zaman apalagi ketenaran sate kere ini semakin melambung tinggi semenjak kuliner ini jadi menu utama yang ada di pernikahan Anak orang nomor satu di Indonesia.

Jadi gimana anak muda? Yuk mulai keliling Indonesia dan cicipi semua kuliner khas unik yang ada di Indonesia supaya kamu semakin Suka Indonesia. (Janet)

Berikan Komentar: