Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Mencicipi Manuk Napinadar Kuliner Ayam Primadona Sumatera Utara

admin Friday, 23 Feb 2018 | 14:22 WIB 0 37 Views
Mencicipi Manuk Napinadar Kuliner Ayam Primadona Sumatera Utara

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Anak Muda, siapa sih di antara kalian yang tahu ada berapa banyak kuliner olahan ayam di Indonesia? Pasti bingung jawabnya kan karena saking populernya, jadi terlalu banyak variasi kuliner yang berbahan dasar ayam di Indonesia.

Kalau Anak Muda bosan dengan olahan ayam yang gitu-gitu aja, kamu bisa coba kuliner ayam dari Sumatera Utara yang bernama Manuk Napinadar atau Ayam Napinadar. Kuliner yang satu ini jarang banget ditemui bahkan di kota besar seperti Jakarta karena di daerah asalnya pun Manuk Napinadar hanya disajikan ketika ada acara adat atau acara besar khusus lainnya.

Tapi uniknya, meski disajikan secara khusus sebagian besar keluarga di Sumatera Utara pasti bisa memasak makanan khas yang satu ini sehingga tak jarang para perantau yang berasal dari Sumatera Utara pasti akan memesan untuk dibuatkan makanan ini ketka mereka mudik atau pulang kampung nanti.

Untuk memasak menu yang satu ini bisa dibilang rumit dan sangat membutuhkan waktu dan kesabaran yang tinggi lho Anak Muda. Biasanya untuk memasak manuk napinadar ini, juru masaknya harus menyembelih sendiri ayam yang masih hidup untuk mendapatkan darahnya. Setelah disembelih darah ayam langsung ditetesi dengan air asam agar tidak menggumpal.

Ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong kemudian dipanggang dengan arang. Untuk bumbunya sendiri terdiri dari serai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri semuanya disangrai, ditambah cabe rawit dan andaliman serta garam. Seluruh bumbu tersebut digiling dan dihaluskan, kemudian ditumis dengan minyak. Setelah wangi, darah ayam yang tadi ditetesi air asam dicampurkan ke dalam tumisan bumbu tersebut diberi garam secukupnya.Setelah matang, saos tersebut kemudian dituang ke atas daging ayam panggang dan langsung dapat dihidangkan.

Yang membuat rasa Manuk Napinadar ini spesial adalah bumbu andaliman yang menjadi dasar dalam membuat saos napinadar serta darah ayam yang membuat rasanya semakin mantap dan nikmat.

Meski nikmat dan disukain banyak orang, ada juga lho yang tidak mau makan ayam yang satu ini karena bumbunya yang dicampur dengan darah ayam yang dalam bahasa Batak disebut namargota, karena ternyata nggak semua orang Batak mau memakan darah meskipun sudah dimasak karena ada yang menganggap makan darah tidak dihalalkan.

Nah gimana Anak Muda? Yuk segera cicipi kuliner khas yang satu ini supaya kamu semakin Suka Indonesia. (janet)

Foto: Dapurmamakita.blogspot.co.id

Berikan Komentar: