Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Keunikan Rasa Kembung Betelok, Hidangan Kebanggaan Masyarakat Pulau Bangka

admin Monday, 22 Jan 2018 | 12:51 WIB 0 1 Views
Keunikan Rasa Kembung Betelok, Hidangan Kebanggaan Masyarakat Pulau Bangka

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Anak muda, siapa sih yang nggak kenal sama pulau Bangka? Pulau yang satu ini begitu mempesona dan memanjakan kita dengan keindahan alamnya yang menggoda kita untuk berlibur dan menikmatinya. Pulau ini juga bisa dibilang memiliki potensi wisata yang sangat baik, mengingat Bangka dan Belitung masih dalam satu provinsi dan sungguh memiliki panorama alam yang menakjubkan.

Dibalik kepopuleran pemandangan alamnya, pulau Bangka juga menyimpan kekayaan kuliner yang pastinya punya cita rasa lezat dan terkenal seperti pempek bangka dan juga mie bangka yang populer di sekitar kita. Namun dibalik beberapa makanan terkenal tersebut, ada satu makanan khas dari Bangka yang sudah langka bahkan di daerah Bangka sendiri, hidangan tersebut bernama ‘Kembung Betelok’.

Kembung Betelok, atau dalam bahasa Indonesia disebut ikan kembung bertelur sebenarnya memiliki suatu keunikan tersendiri, mengingat postur ikan kembung bukanlah masuk ke dalam ukuran yang besar maka telurnya pun bisa dibilang sangat kecil. Tapi jangan sampai salah sangka Anak Muda karena ternyata Kembung Bertelur hanya penamaan untuk sajian ini saja kok karena sebenarnya kuliner yang satu ini terbuat dari ikan kembung yang sudah dikeluarkan duri, tulang, dan dagingnya.

Kemudian, daging ikan tersebut dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu, kocokan telur ayam, dan santan kental hingga membentuk suatu adonan dan dimasukkan kembali secara perlahan pula ke dalam kulit ikannya sendiri sehingga bentuknya persis seperti ikan kembung yang belum diolah sama sekali. Setelah itu, kemnung betelok disantap dengan tambahan sambal blacan (sambal terasi) yang kenikmatannya udah nggak bisa diragukan lagi deh!

Sedikit informasi, konon makanan tradisional ini merupakan hidangan kebanggaan yang harus ada pada acara-acara besar di pulau Bangka dan nggak semua orang bisa memasak menu yang satu ini karena ternyata proses pembuatan kembung betelok ini sangat

membutuhkan kesungguhan dan kesabaran loh Anak Muda dan mungkin hal inilah yang menyebabkan sajian tradisional yang satu ini menjadi sangat langka bahkan di Pulau Bangka sendiri.

Nah gimana Anak Muda? Indonesia kaya banget ya! Nggak Cuma kaya akan tempat wisata atau pemandangan alamnya tapi juga sampai ke kulinernya. Jadi jangan cuma habiskan waktu dan uang jajan kamu di mall aja. Segera nabung dan eksplore Indonesia lebih dalam lagi supaya kamu semakin Suka Indonesia. (Janet)

Berikan Komentar: