Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Ikan Mas Na Niura, Sushi Asal Indonesia

admin Wednesday, 26 Apr 2017 | 12:47 WIB 6 479 Views


PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Kalo di negara Jepang itu ada Sushi. Nah Indonesia juga ga mau kalah dong, Kita punya Ikan Mas Na Niura. Ikan ini merupakan makanan khas dari TapanulI. Ikan Mas Na Niura ini punya rasa yang pedas asam manis yang pasti sangat lezat jika ditemani es kelapa muda dan menikmati indahnya Danau Toba. Tekstur ikan nya itu lembut dan kenyal mirip seperti sushi namun lebih berbumbu.

Dulu makanan ini cuma bisa dinikmati oleh Raja saja, namun karena rasanya enak sehingga semua orang batak ingin membuat dan memakannya. Siapa Sih yang mau nolak nikmatnya Ikan Mas Na Niura ini.

Uniknya Ikan Mas Na Niura ini tidak dimasak,direbus atau digoreng, karena na niura sendiri itu artinya ikan yang tidak dimasak. Jadi ikan mentah yang diberi bumbu asam manis pedas yang lengkap sehingga akan membuat ikan tersebut jadi lebih enak dirasa tanpa dimasak, yang artinya bahwa bumbu – bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut.

Naniura dibuat dari ikan mas segar atau dekke yang terlebih dahulu dibersihkan dari duri dan organ dalamnya, kemudian direndam dalam air asam jungga. Setelah itu, ikan kemudian disiram oleh bumbu khas Batak, yang didalamnya terdiri dari andaliman dan kecombrang.

Bumbu siram yang terdiri atas gabungan 10 macam bumbu termasuk andaliman, kecombrang mempunyai cita rasa gurih yang kuat dan harum yang khas membuat selera makan tergoda untuk segera mencicipi. Tekstur kenyal dari daging ikan yang sudah meresap asam jungga menghadirkan sensasi tersendiri.

Ikan yang digunakan sebaiknya berukuran kecil agar matangnya merata dan masih hidup agar tetap segar. Butuh waktu 2-3 jam untuk memasak naniura yang juga menjadi makanan wajib di acara-acara adat Batak. Ikan dianggap siap makan apabila daging ikan sudah kenyal dan mudah disobek.

Nah untuk kalian anak muda yang suka makan Sushi, harus juga sekali coba Shusi asal Indonesia ini nih. Selain lezat kita juga membantu untuk melestarikan makanan khas Indonesia. (Janet)

 

line at radio pemuda fm

6 Komentar »

  1. william Friday, 28 Apr 2017 | 21:06 WIB at 21:06 WIB - Reply

    mas itu harganya berapa ya? wah penasaran saya sama rasanya. di Jawa adakah yang jualan sama itu

  2. william Friday, 28 Apr 2017 | 21:07 WIB at 21:07 WIB - Reply

    mas itu harganya berapa ya? penasaran saya sama rasanya. di Jawa adakah yang jualan menu itu

  3. Ronal Gigih Saturday, 29 Apr 2017 | 19:57 WIB at 19:57 WIB - Reply

    mantap ikan mas nuara, jadi bikin daya tarik tersendiri, bedak sama ikan-ikan yang lain ajib

  4. AbdulMc Monday, 15 May 2017 | 21:51 WIB at 21:51 WIB - Reply

    Emang terbaik deh ikan mas nuara ini, selain menjadi makanan favorite saya, ikan mas ini memiliki daya tarik tersindiri yang berda dengan ikan ikan lainnya

  5. falahalfal Saturday, 20 May 2017 | 19:33 WIB at 19:33 WIB - Reply

    jadi ngiler dengarnya.. ditambah juga katanya lembut kayak sushi ya.., hmm jadi pengen nyoba deh..

  6. falahalfal Saturday, 20 May 2017 | 19:37 WIB at 19:37 WIB - Reply

    jadi ngiler denar penjelasannya.., katanya rasanya lembut kayak sushi ya?, hmm.. jadi pengen nyoba..

Berikan Komentar: