Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Hidangan Penutup Manis Dari Indonesia dan Lintas Negara

admin Thursday, 26 May 2016 | 18:03 WIB 0 488 Views
Hidangan Penutup Manis Dari Indonesia dan Lintas Negara

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Nah anak muda, kalau hidup kalian sedang mengalami hal yang lumayan berat dan banyak hal yang menyita pikiran kalian. Yuk, dikesampingkan dulu masalahnya dan mari sesekali manjakan lidah kalian dengan yang manis-manis seperti aneka hidangan penutup ( dessert ) yang sudah kita rangkum dibawah ini. Hidangan berikut berasal dari berbagai macam negara di dunia, salah satunya Indonesia. Konon katanya salah satu manfaat bahan baku dari pembuatan berbagai hidangan penutup ini dapat mengurangi tingkat stres atau kejenuhan kita loh. Yuk dicicip!

 1. TIRAMISU CAKE 
Tidak ada yang bisa memungkiri kelezatan hidangan penutup yang satu ini. Kue yang berbahan dasar kopi, krim, keju, serta dilapisi oleh biskuit renyah ini sesuai dengan sejarahnya, pertama kali diperkenalkan di Italia. Tiramisu memiliki arti “pull me up” yang sesuai dengan bahan yang digunakan yakni perpaduan antara kopi dan juga manis dari krim serta keju nya membuat lidah terasa termanjakan setelah menyantapnya.

Menurut sejarahnya, Makanan penutup yang sama dengan Tiramisu diciptakan di Siena, provinsi barat laut Itali, Tuscany. Kue ini dihidangkan pada acara kunjungan Pangeran Cosimo Medici III (1642-1723). Sang pangeran kemudian membawa resep kue itu ke Florence. Di abad ke-19, Tiramisu menjadi sangat terkenal di antara para intelektual dan seniman Inggris yang tinggal di Florence. Makanan penutup ini lalu dibawa ke Inggris dan menjadi terkenal. Baru pada tahun 90-an, tiramisu dikenal di Amerika, persisnya di San Fransisco. Menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rum, anggur Marsala, atau konyak) karena awalnya dibuat untuk anak-anak dan orang tua.

Tiramisu Cake

 2. LAMINGTON CAKE 
Kalau kue yang satu ini cukup terkenal dan menjadi salah satu hidangan penutup terfavorit dari Australia. Kue yang biasa berukuran kecil ini disajikan dengan dilapisi coklat coating dan ditaburi dengan parutan kelapa. Dalam pembuatannya kue ini menggunakan spongecake atau buttercake yang lembut dibagian bawahnya sebagai base kue tersebut. Dapat ditemukan juga kue ini disajikan dengan ditumpuk lalu dioleskam cream atau selai sebagai fillingnya.

Pada perkembanganya kue ini juga ada yang berbentuk bola-bola, kue berpotongan besar, finger dan aneka bentuk lainnya. Awal mulanya kue ini ditemukan atau dibuat secara tidak sengaja yaitu ketika salah seorang chef yang melayani Lord Lamington dari Queensland membuat kesalahan di dapur. Ketika itu, chef tersebut secara tidak sengaja menjatuhkan potongan kue ke dalam lelehan coklat. Agar kue yang terkena coklat leleh tersebut tidak mengotori tangan, maka kue tersebut diberi taburan kelapa parut. Ternyata Lord Lamington sangat menyukai kue tersebut. Pada akhirnya lamington cake tidak hanya populer di Queensland, tapi sudah menjadi salah satu ikon kuliner Australia yang sangat terkenal. Kue dengan lapisan coklat lalu dengan taburan kelapa parut yang gurih membuat rasa kue ini unik. Kue Lamington ini disarankan disajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat pastinya.

Lamington Cake

 3. KLAPPERTAART 
Klappertaart dikenal sebagai kue khas dari Manado dengan berbahan dasar kelapa, tepung terigu, telur, susu serta mentega. Resep adonan yang masih sedikit banyak dipengaruhi Belanda pada saat Belanda menduduki Manado. Ada beberapa cara dalam membuat kue ini. Apa bila dipanggang seperti memanggang roti, maka akan menghasilkan klappertaart yang bertekstur padat dan dapat dipotong seperti kue tart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini juga merupakan salah satu kue yang harus disajikan dalam keadaan dingin dan tidak boleh terlalu lama berada diluar kalau tidak segera disantap.

Klapeertart

 4. PANNA COTTA 
Kue ini juga berasal dari Italia Utara lebih tepatnya di Piedmont yang berbatasan dengan Swiss dan Perancis. Awalnya sajian ini bermula dari produk tradisional pada awal abad 20 dan dipercaya dibuat pertama kali oleh seorang wanita dari keturunan Hongaria di Langhe (sebuah kota di Piedmonte). Kata Panna Cotta sendiri konon asalnya merupakan terjemahan dari cooked cream atau bila diterjemahkan dengan bebas adalah “krim yang dimasak”. Jadi bahan utamanya adalah campuran krim dan susu yang dimasak bersamaan dalam waktu tertentu. Bahan dasar ini juga dicampur dengan gula dan perasa, dan setelah selesai dimasak kemudian ditambahkan dengan gelatin. Campuran tersebut akan mejadi padat setelah didinginkan.

Pannacotta

 5. RED VELVET 
Kue yang satu ini pasti tidak asing kan anak muda, yaa kue yang berwarna merah sangat menarik dan menggugah selera ini sudah ada sejak jaman perang dunia kedua, yakni sekitar tahun 1940-an. Kue ini popular di Amerika sebagai sajian para tentara. Awal sejarah terbuatnya kue red velvet ini karna pada saat jaman perang bahan-bahan makanan dan juga pewarna alami makanan sulit dicari, nah para pastry chef melakukan inovasi dengan menggunakan buah bit. Berhubung buah bit yang termasuk dalam ras umbi-umbian ini banyak ditemui di negara tersebut, para pastry chef akhirnya menggunakan sari buah bit untuk mewarnai cake buatan mereka sehingga lahirlah kue Red Velvet. Red Velvet mulai dikenal pelosok dunia berkat sebuah film pada tahun 1989 yang berjudul ‘Steel Magnolias’. Dikisahkan pengantin pria yang ada film tersebut membawa Red Velvet cake dalam bentuk armadillo (sejenis binatang tapir) untuk sang pengantin wanita. Semenjak itu, cake romantis nan seksi ini mulai banyak digemari di dunia.

Selain memiliki warna merah menyala yang menarik. Dari segi rasa pun kue ini sudah tidak usah diragukan lagi. Karena pada kue biasanya lapisan tersebut berbahan dasar maringue atau krim dari putih telur atau mentega putih, tapi diolesi oleh krim keju yang dicampur dengan vanilli dan dicampur gula bubuk pula sehingga menghasilkan rasa asam, gurih, dan manis menjadi satu.

Red Velvet

Nah demikian beberapa hidangan-hidangan penutup ( dessert ) yang telah kami suguhkan. Ayo anak muda mau pilih yang mana, hidangan penutup asal Indonesia atau dari negara lainnya? (Novan)

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: