Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Geblek, Makanan Tradisional Kulon Progo yang Bikin Kesel

admin Tuesday, 18 Sep 2018 | 11:32 WIB 0 31 Views
Geblek, Makanan Tradisional Kulon Progo yang Bikin Kesel

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Indonesia memang terkenal dengan ragam kekayaan budaya dan kulinernya. Dari ratusan bahkan ribuan ragam jenis kuliner tradisional dari Sabang sampai Merauke, terdapat satu jajanan tradisional yang bernama unik dan agak kasar yaitu Geblek. Ya memang begitu lah namanya.

Geblek ini merupakan makanan khas dari Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka. Makanan ini memiliki ciri khas dari bentuknya yang bulat membentuk angka delapan dan teksturnya yang kenyal tapi nikmat. Geblek ini sangat terkenal di Kulon Progo dan sekitarnya, sehingga di jadikan salah satu andalan kuliner di sana. Geblek bisa dibilang seperti cireng karena bahan yang digunakan sama namun yang berbeda adalah bentuk dan rasanya. Jika cireng memiliki banyak rasa seperti pedas atau lainnya, Sedangkan geblek hanya memiliki rasa asli dari aci yang digoreng saja dan bentuknya seperti angka delapan.

Geblek ini di buat dengan bahan yang cukup sederhana, yaitu dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana, namun proses membuatannya membutuhkan ketelatenan yang cukup dan waktu yang agak lama. Dalam proses pembuatannya, pertama tepung kanji kukus sampai memadat dan tidak sampai matang. Kemudian  ditiriskan dan diplintir berbentuk lonjong dan dibumbui dengan garam. Lalu dikukus lagi sebentar, sekitar kurang lebih 10 menit. Kemudian ditiriskan lagi dan dibumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah itu dibentuk seperti angka delapan dan digoreng.

Geblek ini sangat cocok bila disajikan selagi hangat. Karena bila lebih dari satu jam akan terasa keras dan sangat alot. Namun apabila disajikan selagi hangat, Geblek ini akan terasa kering dibagian luar dan terasa kenyal di bagian dalam. Selain itu Geblek ini juga bisa disantap bersama dengan Tempe Benguk dan juga sangat cocok untuk menemani Anak Muda bersantai bersama teman atau keluarga sambil meminum segelas Teh hangat. 

Dalam perkembangannya, makanan ini telah di kembangkan dengan berbagai kreasi seperti penyajiannya dan juga dalam hal tampilan. Geblek yang awalnya hanya berwarna putih, kini juga telah dikreasikan dalam berbagai warna sehingga terlihat menarik. Geblek ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi Anak Muda yang berkunjung atau berwisata ke Kulon Progo. Makanan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sekitar empat hari walaupun tanpa bahan pengawet.

Bahkan sekarang ini geblek tidak hanya berupa makanan saja. Tetapi juga berupa batik, tepat di tahun 2012 yang lalu Bupati Kulon Progo menyelenggarakan lomba design motif batik khas Kulon Progo. Dan dari lomba itu lah terpilih juara dengan motif bernama “Geblek Renteng” atau geblek yang bergandeng-gandeng. Motif geblek renteng sendiri memiliki arti bahwa masyarakat Kulon Progo bersatu padu membentuk jalinan yang utuh dan tidak putus, seperti angka delapan.

Nah jadi bagi Anak Muda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta, khususnya Kulon Progo. Tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati atau membawa pulang makanan tradisional satu ini yang menjadi ikon kota Kulon Progo, Cobain yuk. (Fariz)

Foto: Piknikdong.com

Berikan Komentar: