Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Citarasa Menyegarkan Minuman Soda Asli Indonesia

admin Monday, 11 Sep 2017 | 12:05 WIB 0 55 Views
Citarasa Menyegarkan Minuman Soda Asli Indonesia

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Menghabiskan siang hari yang panas memang paling asik jika ditemani oleh segelas minuman bersoda apalagi jika ditambah dengan bongkahan es batu. Suasana yang gerah dan panas pun berubah karena minuman yang menyegarkan.

Umumnya minuman bersoda yang biasa Anak Muda jumpai adalah merk-merk internasional. Namun ternyata di Indonesia juga mempunyai soda asli Indonesia dan soda pertama yang populer pada tahun 1960an namanya yaitu Saparella. Bisa dikatakan bahwa minuman bersoda ini merupakan sebuah simbol kemajuan ketika menjamu tamu-tamu yang datang pada masanya. Terlebih lagi, minuman ini dahulu juga mempunyai nilai gengsi tersendiri dan menjadi minuman favorit para bangsawan. Bahkan, konon kabarnya Saparella adalah minuman favorit Sri Sultan Hamangkubuwono (HB) IX.

Saparella sendiri mempunyai cita rasa yang khas, berbeda daripada produk-produk minuman bersoda sekarang yang beredar di pasaran. Keunikan rasanya didapatkan karena Saparella terbuat dari batang atau akar tanaman perdu Sarsaparilla (Smilax regelii) yang dikombinasikan dengan manisnya gula dan air berkarbonasi. Sarsaparilla sendiri memberikan sensasi rasa mint.

Namun, seiring berjalannya wakttu, kepopuleran minuman soda asal Yogyakarta ini semakin memudar. Jika pada masa jaya nya minuman ini bisa ditemukan dimana saja tapi sekarang hanya tersedia di beberapa warung dan toko saja. Usaha membangkitkan dan melestarikan minuman bersoda ini pun dilakukan oleh Hendrawan Judianto yang merupakan pemilik minuman merk Indo Saparella. merek ini lah yang masih bertahan memproduksi dan mendistribusikan minuman soda kuno ala Yogyakarta hingga saat ini.

Karena keterbatasan produksi dan banyaknya tantangan yang dihadapi oleh para produsen maka minuman bersoda pertama buatan Indonesia ini hanya dibuat di kota Yogyakarta saja. Jadi bagi Anak Muda yang mencoba harus datang ke Yogyakarta dahulu untuk menikmati hasil karya bangsa sendiri sembari bernostalgia dengan kejayaan Yogyakarta masa lalu. (Fariz)

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Berikan Komentar: