Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Harus Dicoba

admin Rabu, 18 Mei 2016 | 23:28 WIB 1 508 Views
5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Harus Dicoba

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Setelah sebelumnya membahas aneka ragam makanan berat serta cemilan di daerah Jawa Timur. Sekarang kita mau bahas tentang makanan berat dan cemilan di daerah Jawa Tengah, gak kalah unik, menarik dan enak untuk disantap.

1. Dawet Ireng
Dawet ireng adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah daerah Purworejo. Berbeda dawet pada umumnya yang berwarna hijau, seperti namanya dawet ireng berwarna ireng atau hitam. Berasal dari pewarna alami berupa abubakar jerami yang dicampur dengan air dan dicampurkan dalam pembuatan cendol agar cendol tersebut bewarna hitam. Rasa dawet ireng sendiri sangat lezat dan memiliki manfaatnnya untuk mengatasi panas dalam.

Dawet Ireng

2. Sambel Lethok
Sambel lethok atau sambel tumpang adalah sambel yang dibuat dari campuran kedelai yang sering anak muda sebut tempe, tapi yang hampir membusuk. Soal rasa jangan ditanya anak muda, rasanya sangat enak dan menyebabkan ketagihan. Sambel lethok atau sambel tumpang ini biasa disajikan bersama dengan makanan yang lain seperti tahu, tempe, kikil, bubur dan lainnya. Sambel lethok ini adalah makanan khas dari daerah Boyolali, Jawa Tengah.

Sambel Lethok

3. Tempe Mendoan
Tempe mendoan adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah daerah Banyumas yang terkenal dengan sakah wisata alamnya yakni wisata alam Baturaden, terkenal dengan mendoan. Mendoan dibuat dari tempe yang cukup lebar, kemudian dilumuri dengan tepung yang sudah dicampuri bumbu rempah khas, lalu digoreng tidak sampai kering atau mendo. Dan biasanya anak muda, mendoan itu disajikan dengan sambal khas atau cukup dengan cabe rawit.

Tempe Mendoan

4. Telur Asin
Jika anak muda sedang berada di daerah Brebes, banyak sekali berjajar toko telur asin. Itulah salah satu makanan khas Jawa Tengah di Brebes. Kota Brebes memang sentra penghasil telur bebek terbesar di Jawa Tengah. Selain rasanya yang enak, telur asin ini juga mengandung gizi tinggi, seperti protein dan vitamin. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk kalian setelah berwisata di daerah Brebes.

Telur Asin

5. Nasi Grombyang
Nasi grombyang adalah makanan khas daerah Pemalang. Dinamakan dengan grombyang karena dalam penyajiannya air yang digunakan sangat banyak daripada isinya atau dalam istilah Pemalang disebut dengan grombyang-grombyang. Untuk sobat yang belum tahu, Nasi grombyang memiliki rasa agak sedikit manis dan yang pasti sedap di santap seperti soto atau rawon.

Nasi Grombyang

Demikianlah 5 jenis makanan berat atau cemilan khas Jawa Tengah, kalau kalian sedang berada di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya patut dicoba. Mari lestarikan kuliner-kuliner khas Indonesia ya anak muda, tidak kalah enak dan menggugah selera kok. (Novan)

line at radio pemuda fm

1 Komentar »

  1. Kado Biru Jumat, 21 Apr 2017 | 9:48 WIB at 9:48 WIB - Reply

    Kalo ane paling sering makan mendoan

Berikan Komentar: