Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

3 Kopi Dari Tanah Timur Indonesia

admin Selasa, 24 Mei 2016 | 19:25 WIB 0 349 Views
3 Kopi Dari Tanah Timur Indonesia

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Indonesia memiliki berbagai macam cita rasa kopi yang berada di hampir seluruh wilayah di bagian barat maupun timur, produk kopi tanah air juga menjadi salah satu kopi yang diminati oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Berikut adalah kopi asal Indonesia bagian timur yang harus anak muda dan penikmat kopi rasakan.

1. Kopi Arabika Wamena
Wamena adalah sebuah kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, iklimnya sangat dingin berkisar 15 derajat celcius. Kopi Arabika Wamena tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, Wamena, tanpa menggunakan pupuk kimia. Meski pengolahannya organik dan tradisional, namun para petani sangat memperhatikan kualitas dari kopi tersebut.
Kopi Wamena atau kopi Papua pada umumnya merupakan jenis Arabika. Perkebunan-perkebunan yang terkenal berada 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Karena tanah Papua yang masih sangat subur, kopi yang dihasilkan sangat baik. Aroma kopinya harum, halus, dan memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang sangat manis. Di antara kopi Arabika lainnya, kopi ini mengandung kafein paling sedikit.

2. Kopi Flores Bajawa
Kopi Flores Bajawa berasal dari dataran Flores yang bergelombang, banyak gunung berapi aktif dan tidak aktif. Abu dari gunung berapi inilah menciptakan tanah Andosols yang subur dan ideal untuk pertumbuhan kopi organik. Tumbuh pada ketinggian 1.200 – 1.800 mdpl di lereng bukit dan ditanam dibawah naungan pepohonan, proses basah dipermukaan datar pertanian.
Kopi Flores memiliki rasa yang cukup abadi dibanding dengan kopi lainnya. Aroma yang cukup bertahan lama, sehingga kopi ini banyak diincar oleh penikmat kopi ditanah air. Kopi Flores Bajawa diproduksi oleh kelompok tani di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur secara organik yang ditanam dan diolah oleh perkebunan rakyat setempat.

3. Kopi Manggarai Timur
Apa kelebihan kopi asal Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur? Ternyata kondisi geografis Manggarai Timur yang kering dan sedikit pengaruh angin dari Australia, membuat citarasa kopinya menjadi khas. Kopi Manggarai Timur selama ini lebih dikenal dengan brand Flores Coffee. Jenis robusta, lebih dulu populer dan beberapa tahun belakangan petani setempat kembali mengembangkan arabika. Kopi Manggarai Timur jenis arabika memiliki citrasa yang wangi, asamnya murni dan bernuansa rasa lemon. Sedangkan robustanya, juga memiliki rasa yang khas, halus, mengandung mint, dan punya karakter netral sehingga sempurna saat dicampur. (Fariz)

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: