Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Tim Pengabdian Mahasiswa Undip untuk Negeri di SDN 02 Temuireng, Blora

admin Friday, 27 May 2016 | 14:11 WIB 0 610 Views
Tim Pengabdian Mahasiswa Undip untuk Negeri di SDN 02 Temuireng, Blora

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Berawal dari tekad, kami beranikan diri mengabdi untuk anak-anak SDN 02 Temuireng, Blora. Seperti yang kita ketahui bahwa Blora sebagai paru-paru di Jawa Tengah. Begitu banyak hutan disana dan salah satunya adalah daerah Alasmalang yang terletak di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Hal yang menarik perhatian kami Tim E-GAS dari mahasiswa Universitas Diponegoro adalah bahwa terdapat Sebuah sekolah yang berdiri di tengah hutan alasmalang, yakni SDN 02 Temuireng. Kesepakatan kami untuk melakukan pengabdian di Blora menjadi awal muara perjalanan kami bertemu dengan murid-murid SDN 02 Temuireng.

Letaknya yang jauh sekitar 11 km dari pusat kecamatan. Akses jalan yang susah dan hanya dapat dilalui menggunakan roda dua ini membuat perjalanan pengabdian ini begitu semakin memicu adrenalin semangat Tim E-GAS yang digawangi oleh Eva, Hastin, Hanafi, Agus dan Adi mahasiswa Fisika, Fakultas Sains dan Matematika.

Dengan mengambil konsep Aku Cinta Lingkungan, disini Tim E-GAS (Education Green And Science) mengajarkan tentang bagaimana mencintai hutan dengan melindunginya dan tidak merusak hutan. Bukan hanya itu, Tim E-GAS juga Melakukan pengajaran tentang penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga), bagaimana pembuatan pupuk kompos, membuat biopori serta mempraktekan eksperimen sains sederhana.

“Dengan adanya konsep kegiatan Education Green And Science yang bertemakan ‘Aku Cinta Lingkungan’ diharapkan mampu membuat siswa SDN 02 Temuireng untuk semakin mencintai dan menjaga hutan disekitar rumah mereka. Dengan tagline yang telah kami siapkan yakni ‘Kami Sang Penjaga Pohon Kehidupan’ membuat tekad semangat Tim E-GAS dalam membantu mencerdaskan anak-anak SDN 02 Temuireng. Termasuk dalam pembaharuan fasilitas baik sarana maupun pra sarana, serta pengajaran materi sekolah juga materi tentang penjagaan Hutan”, ujar Eva selaku ketua Tim E-GAS.

Selain itu, Tim E-GAS juga memperbaharui fasilitas disekolah seperti pembuatan perpustakaan “The Guardians of Books” serta pembuatan kebun “The Tree of Life”, memperbaharui fasilitas kebersihan, serta mengajarkan tentang membuang sampah organik dan juga non-organik.

Kegiatan ini dimulai pada bulan April dan dilakukan empat kali dalam satu bulan. Setiap kegiatan diikuti oleh murid-murid SDN 02 Temuireng dengan sangat antusias, dilihat dari aktifnya para siswa dalam membantu setiap kegiatan yang Tim E-GAS lakukan ditambah lagi dengan guru-guru serta kepala sekolah SDN 02 Temuireng yang juga ikut berpartisipasi pada pembuatan kebun “The Tree of Life” dan juga perpustakaan yang baru-baru ini dilakukan yakni pada Sabtu (7/5).

“Pembuatan perpustakaan yang sangat luar biasa yang didesain sederhana tapi bagus. Dengan desain perpustakaan baru ini membantu menumbuhkan inovasi anak-anak SDN 02 Temuireng dalam membaca. Program kegiatan yang dilakukan bermanfaat sekali”, ujar Pak Suharto salah satu guru SDN 02 Temuireng.


Oleh: Eva Yulianti
Fakultas Sains dan Matematika
Universitas Diponegoro

1 2

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: