Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Selamat Hari Buku Nasional: Genggam Buku dan Tinggalkan Gadget Sementara

admin Wednesday, 17 May 2017 | 12:30 WIB 0 189 Views

Selamat Hari Buku Nasional 2017 Radio Pemuda FM

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Kenapa ya anak muda harus meinggalkan gadget sementara? Kenapa ga selamanya aja? Wah kalo selamanya sih kayanya bisa-bisa kalian frustasi tuh, sebenernya ada apasih dengan hari ini? Kenapa harus hari ini ninggalin gadgetnya? Karena hari ini tuh tanggal 17 Mei. Terus kenapa kalo tanggal 17 Mei? Tuhkan pasti anak muda jarang banget yang tau kalau ditanggal itu bertepatan dengan Hari Buku Nasional, so buat kalian yang udah tau dan emang pecinta buku Selamat Hari Buku Nasional yaa, pasti pada seneng banget deh karena biasanya banyak diskon buku. Nah buat kamu yang tidak terbiasa membaca buku, ga ada salahnya kan kalo hari ini kamu ninggalin gadget sebentar untuk membaca buku sebagai bentuk partisipasi kamu dalam memperingati Hari Buku Nasional ini.

Kenapa Tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai hari buku nasional? Ide awalnya bermula dari Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar sejak 2002 karena pada tanggal itu bertepatan dengan awal mula berdirinya PNRI ( Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ) di Jakarta pada tanggal 17 Mei 1980. Jadi sudah sewajarnya apabila tanggal dimana dibentuknya Perpus Nasional ditetapkan sebagai hari buku nasional karena sangat erat keterkaitannya antara buku dengan perpustakaan. Diperingatinya hari buku nasional tidak lain tujuannya adalah agar lebih menumbuhkan kesadaran dan minat masyarakat dalam membaca buku dan mengenal perpustakaan.

Berdasarkan survei UNESCO minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca. Minat baca masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal dari negara lain. Dari 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60. Hal tersebut, menunjukkan kemampuan baca masyarakat Indonesia masih setara dengan negara Afrika Selatan

Menumbuhkan kecintaan membaca buku menjadi tantangan bagi setiap individu. Terlebih bagi anak muda walaupun dianggap sering berdekatan dengan buku namun nyatanya tidak seperti itu. Kecanggihan teknologi mengalahkan popularitas buku dan minim sekali anak muda mencari informasi melalui buku melainkan menggunakan gadget, karena gadget dianggap lebih cepat dan efisien untuk mendapatkan berbagai informasi dibandingkan dengan buku atau media cetak lainnya.

Memang tidak ada yang salah dengan mencari informasi dengan memanfaatkan gadget kita, namun saat ini banyak sekali berita atau informasi yang nilai kebenarannya masih dipertanyakan. Hal ini didukung oleh penyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa ada sebanyak 800 ribu situs di Indonesia yang terindikasi sebagai penyebar berita palsu dan ujaran kebencian (hate speech).

Di hari buku nasional ini semoga anak muda lebih suka membaca buku ya dan tidak malas lagi untuk melihat tulisan yang ada di dalam buku. Buat yang masih duduk dibangku sekolah buku pelajarannya sering-sering dibaca yaa jangan cuma dijadiin pajangan aja hehe, bukan cuma buat anak muda aja tapi juga untuk semua umur karena buku itu merupakan jendela dunia. Peringatan Hari Buku Nasional hanyalah upaya kecil untuk meningkatkan budaya baca dan kecintaan terhadap buku. Karena dengan membaca, kita bisa meningkatkan kualitas kehidupan. (Jesy)

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: