Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Warna Warni Indonesia: Gumuk Parangkusumo, Gurun Pasir dari Yogyakarta

admin Wednesday, 4 Nov 2015 | 10:44 WIB 0 787 Views
Warna Warni Indonesia: Gumuk Parangkusumo, Gurun Pasir dari Yogyakarta

PEMUDAFM.COM – Menjelajahi kota istimewa Yogyakarta, bukan hanya tentang Malioboro, Taman Sari ataupun Borobudur. Terdapat berbagai macam tempat wisata di kota keraton yang belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, keberadaan tempat-tempat wisata tersebut masih terus bersaing dengan tempat wisata yang telah familiar di masyarakat Indonesia. Beragam tempat wisata yang sungguh menarik kadang terkesan tersembunyi, hal ini disebabkan kurangnya wisatawan yang berkunjung atau belum adanya publikasi mengenai informasi tempat wisata tersebut. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota Yogyakarta adalah Gumuk Parangkusumo.

Gumuk Parangkusumo, berada di daerah Bantul Yogyakarta, lebih tepatnya tidak jauh dari pantai Parangtritis, merupakan gurun pasir di Indonesia yang katanya cukup mirip dengan Gurun Sahara di Afrika. Kenapa gurun Parangkusumo disebut gumuk? Wah wah ini menjadi pelajaran baru lagi, jadi gumuk sama gurun ya sebenernya satu makna, yaitu tumpukan, gundukan atau padang pasir bedanya “gumuk” itu ya bahasa Jawa, anak muda.

Kok bisa ada gurun pasir di darah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia? Bisa dong, namanya juga alam hehehhe. Gumuk Parangkusumo tercipta karena adanya fenomena alam yang terbentuk dari endapan pasir yang berasal dari material gunung Merapi. Material vulkanik yang terdiri dari pasir ini terbawa arus sungai hingga ke muara lalu terhantam ombak samudra dan terbentuklah gundukan atau gurun pasir.

Para wisatawan tidak akan menemukan hewan unta walaupun ini gurun loh ya, sebagai penganti unta pengunjung bisa menemui kuda sebagai alat transportasi untuk mengelilingi gurun pasir ini. Tempat wisata ini tidak hanya bisa dinikmati untuk berfoto-foto, bagi yang gemar dengan olahraga ekstrem sandboarding mungin kamu boleh mencobanya disini. Sandboarding merupakan jenis olahraga yang cukup mirip dengan surfing, hanya saja dilakukan diatas pasir dan beragam alat pelindung seperti helm dan pelindung lutut. Kalau para wisatawan mau mencoba juga bisa, hanya dengan Rp. 200.000 perorang dengan jumlah minimal enam orang kamu sudah bisa merasakan pengalaman baru anak muda.

Jadi buat anak muda yang ingin merasakan sensasi gurun pasir seperti di Gurun Sahara, mungkin gumuk Parangkusumo di Bantul Yogyakarta patut dikunjungi, dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. (Putri)

—–
Artikel ini merupakan ulasan dari program WAWANI – Warna Warni Indonesia, yang tayang setiap jam 17.00 sampai 19.00 WIB di Radio Pemuda FM.

Sumber gambar disini.

Berikan Komentar: