Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Sensasi Berenang Bersama Ribuan Ubur-Ubur di Danau Kakaban

admin Wednesday, 23 Nov 2016 | 14:23 WIB 0 303 Views
Sensasi Berenang Bersama Ribuan Ubur-Ubur di Danau Kakaban

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Letaknya tak jauh dari Pulau Derawan. Pulau Kakaban adalah salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban masih cenderung murni dan jarang dikunjungi karena lokasinya jauh dan terpencil, belum ada sarana transportasi yang memadai layaknya tempat wisata alam lainnya. Pulau Kakaban memiliki danau yang berbeda dan unik dengan kebanyakan danau lainnya di Indonesia.

Di Danau Kakaban, terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat. Ubur-ubur ini merupakan ubur-ubur langka yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Danau Kakaban, Kalimantan Timur dan Jellyfish Lake di Pulau Mikronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.
Danau yang terletak di pulau Kakaban tidak seperti danau danau pada umumnya. Pada mulanya danau itu merupakan laguna dari sebuah atol, yang terbentuk dari karang lebih dari 2 juta tahun yang lalu. Pada jaman itu telah terjadi proses pengangkatan selama beberapa ribu tahun, yang membuat terumbu karang di sekelilingnya naik di atas permukaan laut. Lima kilometer persegi air laut terperangkap di dalam pematang dengan ketinggian 50m, menjadikan area tersebut danau air laut. Danau tersebut dikelilingi oleh pohon-pohon bakau dan disekeliling pulau itu sendiri tertutup oleh pepohonan yang lebat. Bagian garis pantai Pulau Kakaban yang menghadap laut dikelilingi oleh terumbu karang yang menurun curam.

Jenis-jenis makhluk hidup yang ditemukan di Danau Kakaban pada dasarnya adalah jenis yang hidup di air laut seperti alga laut, anemon laut, ubur-ubur, spons, ketimun laut atau teripang, kepiting, dan Jenis-jenis ikan kecil lainnya. Selama beribu-ribu tahun mereka telah beradaptasi dan menyesuaikan diri hidup di dalam lingkungan air payau yang terisolasi karena air laut.
Salah satu diantaranya adalah ubur-ubur berbadan bening layaknya piring kaca (Aurelia aurita) dan beberapa jenis lainnya yang tampak jauh lebih mungil seukuran ujung jari telunjuk (Tripedalia cystophora). Sedangkan yang sekepalan tangan, ibarat bola lampu pijar berwarna biru kecoklatan (Mastigias papua) jumlahnya lebih dominan di antara lainnya.

Bersama ketiga jenis ubur itu, terdapat juga spesies ubur-ubur Cassiopeia ornata yang menjadi trade mark Pulau Kakaban. Yang membedakan spesies endemik ini dengan ubur-ubur di laut lepas adalah hilangnya kemampuan menyengat. Sedangkan kebiasaan unik Cassiopeia adalah berenang secara terbalik. Dengan menghadapkan “kaki” atau tentakel ke atas. empat spesies unik ubur-ubur yang tidak menyengat inilah yang menjadi daya tarik Danau Kakaban.

Lantaran keistimewaan ini, Para pengunjung Danau Kakaban yang datang bisa berenang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat dengan aman dan nyaman. Sensasi berbeda akan kalian rasakan ketika berenang bersama ubur-ubur ini. Bila penasaran, Anak Muda juga bisa memegangnya. Tubuh ubur-ubur yang mungil dan kenyal ini terasa menggemaskan seperti halnya agar-agar, Meski begitu, kalian harus tetap memperhatikan beberapa hal saat berenang di sini. Yaitu demi menjaga kelestarian biota laut di Danau Kakaban.

Pertama, jangan langsung menyebur ke danau dengan melompat karena akan membuat air keruh dan merobek tubuh ubur ubur. Turunlah ke danau dengan melewati anak tangga yang telah disediakan.Kedua, tidak dilarang memegang ubur-ubur akan tetapi jangan mengangkatnya terlalu tinggi atau keluar dari air kalau karena akan membuat ubur-uburnya mati. Terakhir, jangan gunakan fin atau kaki katak saat berenang di sini, karena benda ini akan membahayakan ubu -ubur apabila tertendang fin sewaktu kita berenang. (Fariz)

Foto: Univbatam.ac.id

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: