Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Pertama dan Satu-satunya Pantai Syariah di Indonesia, Pantai Santen Banyuwangi

admin Monday, 12 Mar 2018 | 17:01 WIB 0 51 Views
Pertama dan Satu-satunya Pantai Syariah di Indonesia, Pantai Santen Banyuwangi

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memiliki salah satu gebrakan untuk destinasi wisatanya. Gebrakan tersebut adalah mengubah Pulau Santen menjadi tempat wisata yang berbasis pantai syariah. Dengan hal itu Pulau Santen menjadi yang pertama dan satu satunya pantai syariah yang ada di Indonesia.

Konsep pantai Syariah ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang diharapakan memiliki diferensiasi segmen parawisata Banyuwangi dengan daerah daerah lain yang ada di Indoneisa. Walaupun menggunakan label wisata halal dan syariah, konsep ini tidak mengandung unsur SARA karena hal ini hanya soal segmentasi pasar dan strategi pemasaran saja.

Salah satu konsep wisata halal yang dikembangkan di Pulau Santen ini maksudnya adalah pengembangan destinasi wisata dengan jaminan fasilitas halal. Seperti, makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (adzan), tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

Sedangkan dengan konsep syariah menggunakan slogan “kebersihan adalah sebagian dari iman”, dimaksudkan untuk menjaga kelestarian, keindahan, dan kebersihan kawasan Pulau Santen, wisatawan yang datang diwajibkan membawa kantong plastik sebagai tempat sampah makanan yang dibawa. Sebelum meninggalkan tempat, para wisatawan diminta membuang sampah ke tempat yang disediakan.

Pantai Syariah dibagi menjadi dua area, yaitu area wanita dan area pria. Di area wanita biasanya terdapat meja, laybag beserta payung warna warni yang digunakan untuk bersantai sambal berjemur menikmati pemandangan. Sedangkan di area pria lebih terlihat alami karena kursi kursi dan meja nya terbuat dari batah pohon yang sudah tidak terpakai lagi.

Dengan konsep halal dan Syariah di pulau santen ini bukan berarti hanya boleh dikunjungi oleh wisatawan muslim saja tetapi destinasi wisata ini untuk semua umat, baik muslim maupun non-muslim, dalam negeri maupun luar negeri, siapapun boleh datang dan menikmatinya.

Disisi lain ternyata pantai ini merupakan kawasan Pulau Santen dikenal sebagai bekas tempat mesum, kumuh dan kotor. Keberanian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akhirnya menutup lokalisasi tersebut pada tahun 2013. Perlahan lahan pemerintah kabupaten banyuwangi mengubah citra buruk pulau santen dari yang sebelum sebagai bekas tempat mesum menjadi Kawasan wisata halal patut diapresiasi dengan baik karena dengan identitas yang baru ini akan member warna baru dan mengubah kehidupan sosial masyarakat di sekitarnya menjadi lebih positif. Yuk anak muda segera rencanakan liburan kalian ke Pantai Santen Banyuwangi. (Fariz)

Foto: tribunwisata.com

Berikan Komentar: